Technology

Facebook Ikut Ambil Tindakan untuk Huawei

Sumber: 123rf

Facebook tidak lagi mengizinkan pra-instalasi aplikasi untuk gawai Huawei. Tindakam tersebut diambil mengikuti keputusan Amerika Serikat membuat larangan bisnis untuk Huawei. Perusahaan teknologi asal Cina itu diketahui tengah menghadapi kesulitan pembelian suku cadang hingga piranti lunak dari Negeri Adidaya.

Mengutip Business Insider, pengguna gawai Huawei yang sudah memiliki aplikasi dapat terus menggunakan dan menerima pembaruan. Hal itu dikonfirmasi oleh pihak Facebook sendiri. Namun, gawai Huawei tidak lagi bisa mendapatkan pra-instalasi aplikasi.

Tidak hanya Facebook, peraturan yang sama berlaku bagi anak perusahaan mereka seperti WhatsApp dan Instagram. Keputusan ini dipercaya dapat memengaruhi penjualan gawai Huawei. Terlebih lagi dalam beberapa tahun terakhir, penjualan gawai mereka meningkat secara signifikan.

Pihak Huawei sendiri hingga kini belum dapat dihubungi untuk dimintai komentarnya mengenai keputusan Facebook. Sedangkan pihak Facebook menjelaskan, “Sampai saat ini kami terus memeriksa kembali peraturan akhir.”

Meski tidak dapat menerima pra-instalasi, pembeli gawai Huawei yang baru masih bisa mengunduh aplikasi Facebook di Play Store. Namun, hal tersebut pun tampaknya akan sulit dilakukan. Pasalnya, Google dikabarkan menghentikan kerja sama dengan Huawei untuk sementara ini.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top