Lifestyle & Entertainment

Film Box Office Global Sukses Raih US$ 96,8 Miliar Tahun 2018

Sumber: 123RF

Industri fim tidak pernah lebih sukses dari tahun 2018. Dilansir dari Agence France-Presse, industri film global sukses meraih keuntungan hingga US$ 96,8 miliar. Jumlah ini termasuk dengan hasil penjualan tiket bioskop yang mencapai US$ 40 juta miliar. Data ini dikeluarkan oleh Motion Picture Association of America (MPAA) pada Kamis (21/03/2019).

MPAA merupakan sebuah organisasi yang terdiri dari studio produksi ternama di Hollywood. Diantaranya adalah Paramount Pictures, Loews, Universal Studios, Warner Bros., dan Columbia Pictures. Organisasi ini yang menentukan peraturan rating di film-film Hollywood. Baru-baru ini, Netfliix yang tercatat menguasai lebih dari 52% waktu tayang di platform digital di Amerika bergabung dengan organisasi ini.

“Di masa pasar yang dinamis seperti sekarang, cerita-cerita hidup untuk para penonton di bioskop, rumah, dan di jalanan. Perusahaan kami terus berusaha untuk memberikan konten sebagaimana penonton menginginkan konten tersebut dan angka yang dirilis ini berbicara mengenai volume hasil dari konten yang kami produksi,” ujar CEO MPAA Charles Rivkin.

Berdasarkan dari laporan yang dirilis oleh MPAA, pasar film global baik yang ditonton di rumah maupun di bioskop tumbuh sebesar 9% jika dibandingkan dengan 2017. Pertumbuhan ini dimotori oleh film-film dari Disney yang behasil menjadi hits seperti Black Panther dan Avengers: Infinity Wars. Dalam laporan tersebut, keuntungan dari film yang dikonsumsi di rumah bahkan mencapai angka U$ 55.7 milyar.

Di ranah servis video streaming seperti Amazon Prime dan Netflix, jumlah penonton memperlihatkan pertumbuhan yang impresif. Jumlah langganan video streaming kini melampaui TV kabel untuk pertama kali. Tercatat bahwa servis langganan video daring tumbuh sebesar 27% menjadi US$ 613,3 juta, sedangkan langganan TV kabel meroso turun sebanyak 2% ke angka US$ 556 juta.

Secara global, populasi orang menonton di bioskop naik hingga 7% ke angka 190.000 penonton per bioskop di Amerika Serikat dan Kanada. Sementara itu, tujuh negara yang terdiri dari Tiongkok, Jepang, Inggris, Perancis, India, dan Jerman mencatat keuntungan dari film box office senilai lebih dari US$ 1 milyar pada tahun 2018.

Editor: Sigit Kurniawan

 

 

MARKETEERS X








To Top