Lifestyle & Entertainment

Film Dokumenter Jadi Kampanye GoFood Kurangi Plastik Sekali Pakai

Sumber: Gojek

Permasalahan sampah terus menjadi bahasan penting, apalagi dengan kondisi lingkungan yang semakin memburuk dengan tumpukan sampah yang semakin tinggi.. Melihat hal ini, GoFood mengedukasi masyarakat tentang penggunaan plastik sekali pakai yang kerap digunakan untuk membungkus makanan.

Setelah berhasil dengan strategi pengurangan alat makan plastik sekali pakai lewat layanan berbayar, GoFood kembali menghadirkan kampanye kreatif untuk mendorong gaya hidup ramah lingkungan. Kali ini dengan menayangkan serial dokumenter Pulau Plastik dalam kampanye #GoGreener.

Pulau Plastik merupakan serial dokumenter yang menceritakan isu sampah plastik dan bahaya yang dapat ditimbulkan. “Masyarakat Indonesia cenderung lebih mudah diedukasi melalui konten-konten yang menarik, disajikan secara visual, dan memiliki konteks yang berubungan dengan kehidupan sehari-hari sehingga mudah dicerna dan diingat. Itulah alasan kami menayangkan serial dokumenter ini kepada masyarakat,” jelas Rosel Lavina, VP Corporate Affairs Food Ecosystem Gojek di Jakarta, Rabu (04/03/2020).

Dilanjutkan, kampanye #GoGreener ini digelar tidak hanya untuk mengedukasi, tapi juga menjadi langkah GoFood mematuhi peraturan pemerintah untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai. Hal ini mengacu pada Perda DKI Jakarta No. 3 tahun 2013 tentang pengelolaan sampah mengatur bahwa masyarakat harus melakukan pembatasan terhadap sampah yang ditimbulkan.

Lebih lanjut, Rosel mengungkapkan bahwa sejak akhir Desember 2019, jumah mitra GoFood yang berpartisipasi dalam program alat makan plastik berbayar meningkat sebesar 17,4 kali lipat dibandingkan pada awal tahun 2019. Dari sisi pelanggan, kampanye #GoGreener berhasil mendorong pelanggan untuk tidak membeli alat makan sekali pakai ketika bertransaksi. Hal ini berhasil mengurangi sampah plastik sekali pakai hingga 6,2 ton per tahunnya.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top