Technology

FMIPA UI Gandeng UMG Idealab Kembangkan AI dan Data Science

Ilustrasi: 123rf

Setelah melakukan MoU pada 4 September 2019, FMIPA UI dan UMG Idealab segera merilis empat buah perjanjian kerja sama. Kerja sama ini bermisi untuk melakukan pengembangan teknologi artificial intelligence (AI) dan data science.

Lebih spesifik, Idealab akan menghibahkan peralatan laboratorium AI senilai US$ 1 juta, menyelenggarakan learning & training center bidang AI. Selain itu, pengembangan sistem pengolahan citra berbasis data science untuk deteksi penyakit melalui mata dan pengembangan laboratorium CISCO departemen Fisika FMIPA UI telah disepakati keduanya. 

Learning center yang akan dibangun diperuntukan untuk pembelajaran dasar-dasar AI (untuk siswa SD sampai SMP) dan pengembangan AI tingkat lanjut (untuk SMA dan mahasiswa serta akademisi lain). Laboratorium yang disiapkan berjumlah enam buah dengan tambahan satu ruang display. Pada tiap-tiap laboratorium dilengkapi dengan perangkat pendukung modern AI seperti beberapa robot, sensor dan actuator serta ruang diskusi yang futuristik. 

Learning center ini akan diisi oleh para pakar dan akademisi dari FMIPA UI yang sudah lama bergelut di bidang AI. Dengan berjalannya learning center ini, perkembangan AI di Indonesia akan berjalan cepat demi mendukung terciptanya SDM yang kompetitif dalam era revolusi industri 4.0.

Sementara Data Science Center (DSC) FMIPA UI akan dimanfaatkan untuk melakukan penelitian terapan di bidang medis, kesehatan, dan life science; pengembangan sistem pengolahan citra berbasis data science untuk deteksi penyakit melalui mata; pengolahan Electronic Health Record masyarakat Indonesia; pengembangan Big Data Analytic dan Advanced Computing untuk menganalisis kondisi kesehatan masyarakat Indonesia.

Upaya jni juga sebagai kajian strategik untuk membantu pemerintah dalam memetakan kondisi kesehatan dan pertimbangan kebijakan kesehatan Indonesia; pengembangan kurikulum ilmu data dan terapannya pada perguruan tinggi untuk menjawab tantangan revolusi industri 4.0; penyelenggarakan Bootcamp Data Science; serta pengembangan sistem temu kembali informasi (information retrieval) berbasis data science.

Untuk mencapai tujuan-tujuan ini, sinergi antara perguruan tinggi dengan dunia industri merupakan salah satu kunci keberhasilan riset-riset yang dijalankan di perguruan tinggi. 








To Top