Consumer Goods

Gaet Komunitas Barber

SUMBER: MARKETEERS

Tren personal care dan haircare product terus berkembang mengikuti perubahan gaya hidup konsumen yang dinamis. Tidak hanya perempuan, laki-laki juga semakin memperhatikan penampilan mereka. Meninggalkan salon-salon tradisional, mereka kini lebih sering pergi ke barbershop untuk merawat diri.

Melihat perkembangan itu, PT Priskila Prima Makmur yang dikenal dengan lini produk parfumnya menghadirkan minyak rambut atau yang lebih dikenal dengan pomade. Dengan merek yang sama dengan salah satu parfumnya yaitu ‘Bellagio’, mereka berusaha masuk ke pasar perawatan diri di Indonesia.

Dalam pemasaran produk, Bellagio mulai merangkul para barber melalui komunitas sehingga mereka bisa mengetes langsung produk dan mengetahui keunggulannya. Lewat komunitas ini pula, Bellagio bisa meningkatkan penjualan produk. Tidak hanya digunakan di barbershop saja, para barber ini biasanya menyarankan pelanggan untuk menggunakan produk.

Terus mempererat engagement dengan pelanggan dan barber ini menjadi cara Bellagio dalam mengembangkan dan meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka. Sejauh ini, mereka telah menjalankan beragam acara yang melibatkan para barber lokal. Salah satunya adalah workshop dan kompetisi.

“Kami mengumpulkan barber di seluruh Indonesia dalam satu kompetisi. Dari setiap kota, kami mengambil tiga pemenang yang kemudian akan dipertandingkan kembali di acara akbar berskala nasional di Jakarta. Pemenang dari kompetisi ini akan mendapatkan endorsement dari kami dan juga seperangkat alat cukur,” jelas Robert.

Hasil dari keseluruhan aktivitas yang mereka lakukan dirasa cukup baik. Produk pomade Bellagio ini mampu menjadi tiga produk teratas penyumbang pendapatan tertinggi. Meski sebelumnya pomade bukan produk unggulan, kini mereka mulai merasakan penjualan yang tidak kalah dengan parfum.

Pada tahun 2020, Bellagio bersiap menjalankan strategi baru agar lebih dekat dengan konsumen melalui saluran digital. Pasalnya, mereka menyadari bahwa hal-hal berbau digital merupakan sesuatu yang diminati dan menarik perhatian konsumen. Tak berlebihan bila Bellagio pada tahun ini meraih dengan Marketeers Editor’s Choice 2019 untuk kategori The Best Community Engagement.

 

Selengkapnya di majalah Marketeers Edisi Desember 2019-Januari 2020.








To Top