Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Asosiasi Game Indonesia (AGI) kembali menyelenggarakan Indonesia Game Developer Exchange (IGDX). Semuel A Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo menuturkan, tahun ini ada peningkatan skala, jangkauan, dan rangkaian kegiatan yang lebih variatif dari IGDX tahun sebelumnya.
“Diharapkan dengan lebih banyaknya rangkaian kegiatan dan skala penyelenggaraan yang lebih besar di tahun 2022, IGDX mampu memberikan lebih banyak dampak positif bagi industri gim dalam negeri,” katanya dalam keterangan tertulisnya Jumat (8/7/2022).
Pemerintah menjalankan berbagai program stimulan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Sebagai salah satu leading sektor dalam proses transformasi digital nasional, Kominfo terus bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mendorong pertumbuhan industri game developer atau pengembang game di Indonesia.
Sektor industri game menjadi salah satu sektor yang berkembang pesat selama pandemi Covid-19. Mengutip laporan Peta Ekosistem Industri Game Indonesia tahun 2021 yang dirilis Kominfo bersama Niko Partners menunjukkan, pendapatan segmen game Indonesia dalam platform mobile dan fisik mencapai US$ 1.074 miliar.
“Angka ini tentu merupakan potensi yang sangat besar untuk dikembangkan,” tuturnya.
Untuk memfasilitasi pengembang game, ada rangkaian sub-kegiatan antara lain IGDX Academy, Career, Business, dan Conference. Melalui IGDX Academy, Semuel menjelaskan, peserta akan mendapatkan mentorship secara online oleh mentor global dan nasional dengan pengalaman di industri game. Peserta yang mendapatkan akses itu, telah terpilih melalui tiga tahap proses kurasi.
Mengenai IGDX Career, Dirjen Aptika Kementerian Kominfo menyebutnya sebagai kegiatan untuk mewadahi talenta di bidang industri gim agar dapat diserap pelaku industri. “IGDX Career bertujuan untuk mempertemukan talenta lokal berbakat dengan perusahaan-perusahaan game developer di Indonesia, yang dilakukan melalui Platform Digital khusus,“ tuturnya.
Adapun, IGDX Business and Conference menjadi ajang bagi pelaku industri game dalam negeri dan luar negeri dalam berbagi informasi dan perkembangan mengenai industri game global di masa mendatang.
“IGDX Bussiness merupakan kegiatan business matchmaking secara offline dan hybrid (offline maupun online) yang mempertemukan game developer lokal Indonesia dengan buyer atau publisher, game developer global, ataupun investor lokal maupun global,” kata Semuel.
Editor: Ranto Rajagukguk