Gandeng BSSN, PLN Luncurkan Tim Tanggap Insiden Siber

profile photo reporter Maida Beryl S
MaidaBeryl S
29 Juli 2022
marketeers article
PLN bekerja sama dengan BSSN luncurkan CSIRT (Sumber: PLN)
PT PLN (Persero) secara resmi merealisasikan kerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dalam meluncurkan Tim Tanggap Insiden Siber atau CSIRT. Melalui anak perusahaannya, yakni PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB), kerja sama ini menjadikan PLN sebagai perusahaan energi yang menerapkan sistem tanggap keamanan siber.
Sebelumnya, PLN dan BSSN telah menjalin hubungan kerja sama sejak tahun 2019 dengan meluncurkan berbagai inisiatif guna memerangi kejahatan siber. Peluncuran CSIRT ini menjadi tindak lanjut realisasi kesepahaman yang telah disepakati oleh kedua perusahaan pada tanggal 28 Juni 2022.
“CSIRT ini diluncurkan guna mencapai keamanan digital yang kolektif. Dengan kolaborasi dan komitmen kerja sama antara PLN dan BSSN ini kami berupaya meningkatkan keamanan infrastruktur digital milik PJB. Hal ini dilakukan mengingat sebagai perusahaan pembangkit listrik, PJB sudah memasuki fase digitalisasi pembangkit,” kata Kepala BSSN, Hinsa Siburian dalam keterangan tertulis PLN.
Melalui kerja sama ini, PJB mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR) resmi dari BSSN. PJB juga berhak mendapatkan prioritas dalam information sharing terkait insiden atau  serangan siber khususnya dari CSIRT Global di dunia melalui Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure/Coordination Center (IDSIRTII/CC). Selain itu, PJB juga akan mendapatkan perhatian khusus dari National Security Operation Center (NSOC) terhadap traffic tidak wajar yang mengarah ke PJB.
Dalam keterangan yang sama, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PLN Sinthya Roesly menyampaikan PLN tengah berada di fase transformasi digital, sehingga faktor keamanan menjadi hal vital yang perlu diperhatikan. Kerja sama bersama BSSN ini menjadi salah satu upaya PLN untuk memperkuat pengamanan infrastruktur digital tersebut.
PJB-CSIRT yang diluncurkan ini merupakan bentuk keseriusan dan konsistensi PLN dalam mengupayakan peningkatan perlindungan sistem dan data. Hal ini juga dilakukan untuk mengakselerasi pencapaian target-target transformasi digital di PLN.
“Melalui kerja sama antara PLN dan BSSN ini, kami berharap dapat meningkatkan keamanan infrastruktur digital di seluruh entitas usaha yang bergerak di bidang pembangkitan listrik milik PLN,” tutur Sinthya.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related