Consumer Goods

Gandeng Grab, Danone-AQUA Ajak Masyakat Kumpulkan Sampah Plastik

Danone-AQUA x Grab Indonesia

Danone-AQUA baru saja menuntaskan perjanjian kerja sama dengan perusahaan digital Grab. Keduanya bekerja sama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah bagi kelestarian lingkungan dengan meluncurkan GrabExpress Recycle. Inovasi ini menjadi layanan baru yang tersemat pada aplikasi Grab.

Dengan platform ini, pengguna dapat mengirimkan sampah bernilai ekonomis, terutama botol dan gelas plastik, ke bank sampah terdekat. Selanjutnya, sampah tersebut akan dibawa ke Recycling Business Unit (Unit Daur Ulang/RBU) milik Danone-AQUA untuk diproses menjadi bahan baku yang nantinya akan dibuat menjadi produk baru. Produk ini dapat digunakan dalam keperluan sehari-hari, misalnya botol plastik baru.

Kerja sama ini merupakan bagian dari komitmen Danone-AQUA dan Grab dalam mendukung program pemerintah untuk mengurangi sampah plastik di laut hingga 70% pada tahun 2025. Platform ini juga diluncurkan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional yang diselenggarakan setiap 21 Februari.

“Melalui kerja sama ini kami berharap dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Kami juga ingin mengedukasi mereka tentang pentingnya mengelola sampah sejak dari rumah,” jelas Corine Tap, Presiden Direktur PT Tirta Investama (Danone-AQUA).

Sampah plastik sendiri merupakan permasalahan besar di Indonesia. Keduanya pun ingin mendorong lebih banyak orang untuk turut serta mengumpulkan, memilah, dan mendaur ulang sampahnya.

Menurut Laporan Indonesian Marine Debris Hotspots yang dirilis Bank Dunia, Indonesia menghasilkan 175.000 ton sampah dan sekitar 14% atau 24.500 ton per hari merupakan sampah plastik. Sayangnya, 81% sampah di Indonesia tidak dipilah dan belum dikelola dengan baik sehingga sulit untuk didaur ulang dan dapat berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) atau justru terbuang ke laut.

Baik konsumen maupun pengemudi Grab yang terlibat dalam inisiatif ini akan memperoleh berbagai bentuk reward. Mulai dari promo pesan-antar sampai poin GrabRewards, serta tur sirkular bagi beberapa pengguna yang paling antusias, agar dapat lebih memahami masalah sampah di Indonesia.

Bentuk reward yang berbeda-beda ini dimaksudkan untuk membangun kebiasaan daur ulang di Indonesia. Tak hanya itu, upaya ini juga ingin memperkenalkan manfaat ekonomi yang terdapat pada sampah-sampah tersebut.

MARKETEERS X








To Top