Technology

Gandeng Quipper, Dinas Pendidikan Menggelar Try Out Online Nasional

SUMBER: QUIPPER

Try Out (TO) merupakan uji coba yang diberikan kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa tentang pelajaran yang akan diujikan, seperti pada ujian nasional. Soal-soal yang terdapat  dalam TO biasanya disusun oleh pihak Dinas Pendidikan atau lembaga pendidikan yang kompeten untuk membuat soal dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Menyadari pentingnya mengetahui pemahaman siswa, Quipper bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Denpasar serta Universitas Andalas Sumatera Barat menggelar TO Nasional secara online.

Try out yang kami lakukan tahun ini mendapatkan respons sangat baik dari para siswa. Karena, try out ini tidak hanya dapat diakses oleh pengguna Quipper saja tetapi juga oleh umum,” ujar Ruth Ayu Hapsari, Business Development Manager Quipper Indonesia.

Quipper menyelenggarakan beberapa kali TO dengan peserta sekitar 160 ribu yang berasal dari SMP dan SMA di seluruh Indonesia pada tahun ajaran 2019/2020. Para siswa yang ikut dalam TO ini tersebar di 396 kabupaten dan kota. Penyelenggaraan TO ini diharapkan mampu memberi banyak manfaat kepada siswa untuk persiapan menghadapi ujian yang sesungguhnya.

Manfaat yang bisa didapatkan siswa antara lain mengasah keterampilan mengerjakan soal, mengetahui sejauh mana pemahaman mereka terhadap pelajaran yang diujikan. Kemudian, menjadikannya sebagai evaluasi dan perbaikan.

Sistem pelaksanaan ujian nasional di Indonesia tahun ini akan dilakukan secara berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ujian Nasional kali ini disebut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau dinamakan juga Computer Based Test (CBT). Dalam pelaksanaan ujian, siswa akan menggunakan komputer sebagai media ujian. TO ini juga bisa menjadi persiapan mereka untuk beradaptasi dengan penggunaan teknologi dan media yang baru.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

MARKETEERS X








To Top