Transportation & Logistic

Garuda Indonesia Turunkan Tarif Tiket Pesawat Hingga 20%

Sumber: 123RF

Terhitung sejak Kamis (14/02/19), Garuda Indonesia Group resmi menurunkan tarif tiket seluruh rute pesawat sebesar 20%. Hal ini menyusul tuntutan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mengenai harga pesawat yang tinggi dan mengakibatkan industri pariwisata sepi.

Dalam rilisnya, Garuda Indonesia Group menyatakan pihaknya menurunkan semua harga di lini full-service Garuda Indonesia dan Low Cost Carrier (LCC) Citilink Indonesia dan Sriwijaya Air-NAM Air Group. Penurunan tarif ini kemudian diapresiasi baik oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

“Saya mengapresiasi apabila Garuda menurunkan tarif karena kesepakatan itu sendiri sudah disepakati oleh INACA untuk memberikan satu harga yang terjangkai untuk masyarakat,” ujar Budi.

Melihat keputusan Garuda Indonesia ini, Budi mengharapkan agar penurunan tarif juga diikuti oleh maskapai-maskapai lain. “Saya menyambut baik apa yang dilakukan Garuda soal penyesuaian tarif dan bisa turun. Mestinya diikuti oleh penerbangan yang lain karena Garuda merupakan pemimpin pasar di sektor penerbanngan di Indonesia,” lanjut Budi.

Budi menambahkan, Lion Air Group memiliki rencana yang sama untuk lakukan penyesuaian tarif tiket pesawat. Namun, pihaknya masih belum bisa memastikan kapan hal itu akan diputuskan. Hingga saat ini, maskapai penerbangan baik lokal maupun internasional di Indonesia masih menggunakan tarif lama.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top