Finance

Gelar Festival Pesona Lokal, Upaya Adira Finance Kembangkan Pariwisata dan Ekonomi

Sebagai bentuk dukungan dalam pengembangan pariwisata di Indonesia, Adira Finance kembali menggelar Festival Pesona Lokal. Ini merupakan bentuk corporate social responsibility (CSR) dari Adira Finance dengan menggandeng Kementerian Pariwisata dan televisi nasional RCTI.

Festival ini bertujuan untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata, dan kearifan lokal suatu daerah. Pada Festival Pesona Lokal tahun ini akan diselenggarakan di 7 kota, yakni Medan, Bali, Surabaya, Bandung, Makassar, Yogyakarta, dan Jakarta mulai Agustus hingga November 2019.  Tema tahun ini adalah Rasakan Sensasi Pesona Lokal.

“Adira Finance ingin berpartisipasi dalam mendukung dan mengembangkan pariwisata dan mempromosikan kearifan lokal. Lewat Festival Pesona Lokal harapannya akan meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara, sehingga bisa memberi dampak positif pada perekonomian daerah tersebut,” kata Hafid Hadeli, Direktur Utama Adira Finance, hari ini (03/07/2019).

Tidak hanya menyelenggarakan festival, bersama Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia), Adira Finance juga akan memberikan penghargaan khusus, yakni Kota Paling Mempesona. Kriteria dari penghargaan ini adalah kota yang mampu menampilkan pesona kebudayaan dan keunikan setempat. Kemudian, ditambah dengan kemampuan melibatkan partisipasi dari warganya dalam kegiatan tersebut.

Lewat ajang ini, Adira Finance juga menggarap komunitas orang muda yang merupakan pasar potensial. Dilakukan lewat kompetisi konten digital, baik video dan foto. Tema yang diangkat adalah Sensasi Lokal Kotaku. Konten yang diangkat bisa tentang budaya, kuliner, destinasi yang menarik, hingga oleh-oleh khas daerah masing-masing. Kompetisi Video dan Foto Sahabat Lokal ini sudah memasuki tahun ketiga.

Festival Pesona Lokal 2019 diselenggarakan juga dalam rangka menyambut ulang tahun Adira Finance ke-29. Dalam festival ini akan berisi berbagai macam kegiatan, dari perlombaan hingga hiburan. Acara utamanya adalah Parade Karnaval Budaya dan festival kuliner. Sedangkan lomba yang diadakan, antara lain lomba tari lokal kontemporer, lomba melukis kain motif khas lokal komtemporer, lomba foto di Instagram, dan lainnya.

Tahun ini, Adira Finance juga akan menggelar Festival Pasar Rakyat. Rencananya, kegiatan ini dilaksanakan di empat kota, yaitu Magelang, Pontianak, Denpasar, dan Bogor. Perusahaan pembiayaan ini berkolaborasi dengan Yayasan Danamon Peduli, pemerintah daerah, dan komunitas UKM serta budaya setempat.  “Lewat ajang ini kami ingin semakin mengangkat citra pasar rakyat sebagai ruang publik dan edukatif. Harapannya, pasar rakyat akan terus berkembang,” tambah Hafid.

100 Event Nasional

Konsistensi Adira Finance dalam menyelenggarakan Festival Pesona Lokal ini diharapkan bisa masuk dalam 100 Calender of Events dari Kementerian Pariwisata. Menurut Direktur Marketing & SDM Adira Finance Swandajani Gunadi untuk bisa masuk ke kalender 100 event nasional tersebut perlu beberapa syarat. Di antaranya, adanya konsistensi dalam penyelenggaraan, strategi komunikasi yang berbeda, dan tema serta bentuk acara yang berbeda.

“Penyelenggaraan Festival Pesona Lokal yang kedua ini merupakan upaya kami agar bisa masuk dalam 100 Calender of Events dari Kementrian Pariwisata. Kami targetkan dalam tiga hingga lima tahun ke depan Festival Pesona Lokal sudah bisa masuk,” kata Swandajani.

Dalam menyelenggarakan kegiatan ini, Adira Finance mendapat dukungan dari berbagai pihak.  Termasuk, ekosistem Adira Finance yang terdiri dari nasabah, karyawan, diler, dan mitra bisnis lainnya. Selain itu, juga didukung oleh Adira Insurance lewat salah satu produknya Travelin.

“Kami berharap Festival Pesona Lokal bisa membuat masyarakat Indonesia semakin mencintai budaya dan kearifan lokal. Selain itu, semakin mendorong peran serta masyarakat untuk terlibat dalam mempromosikan pariwisata,” pungkas Hafid.








To Top