Lifestyle

Gen Z atau Baby Boomer, Mana yang Lebih Narsis?

SUMBER: 123RF

Generasi Z (Gen Z) disebut sebagai generasi yang sensitif. Beberapa di antaranya karena latar belakang keuangan, kepribadian, dan perkembangan kehidupan sosial mereka. Dibesarkan oleh para Baby Boomer,  Gen Z merupakan generasi pertama yang tumbuh dengan internet. Mereka generasi yang memiliki campur tangan banyak generasi lainnya dalam pembentukan kehidupan mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir, Gen Z dianggap memiliki banyak masalah. Para orang tua menganggap Gen Z memiliki narsisme sehingga lepas kontrol. Hal itu dikawatirkan dapat membawa masalah dalam kehidupan mereka. Masyarakat menganggap mereka adalah generasi yang rentan. Tetapi, penelitian terbaru Michigan State University (MSU) yang dirilis Selasa (10/12/2019) lalu menunjukkan hal sebaliknya.

Dilansir Business Insider, peneliti menemukan bahwa generasi di atas Gen Z lebih hypersensitive dibandingkan generasi yang lebih muda. Peneliti mendeskripsikan hypersensitive sebagai sikap tidak terima atas feedback orang lain dan membantah semua kritik yang ditujukan pada diri. Riset ini sendiri dilakukan pada sekitar 750 orang di rentang usia 13-77 tahun.

Hal ini dilakukan untuk memahami lebih dalam mengenai pemahaman narsisme di setiap generasi dan bagaimana tingkatan narsisme tersebut memengaruhi orang. Dari penelitian yang dilakukan terlihat bahwa orang menjadi lebih hypersensitive ketika menginjak usia 40 tahun.

Temuan lainnya adalah pandangan yang salah terhadap Gen Z karena dianggap sebagai generasi yang rentan. “Selama ini banyak orang hanya fokus pada cara negatif sehingga memandang Gen Z tanpa dasar fakta. Padahal, jika dilihat kembali, generasi ini banyak membawa perubahan bahkan untuk memberikan keuntungan pada suatu negara,” ujar Neil Howe, ahli tentang generasi.

Sejumlah karakteristik Gen Z dianggap sangat membantu perekambangan dan memengaruhi sekitar. Beberapa di antaranya adalah kepedulian, pikiran positif, penerimaan kepada orang lain, serta optimistis. Terlepas dari banyak orang yang menganggap Gen Z merupakan generasi pemalas.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top