Technology

Gen Z Jadi Target Pasar Alibaba di Taobao Maker Festival

Bukan lagi Milenial, pesona Gen Z kian menarik di antara para pelaku bisnis, tak terkecuali Alibaba Group. Melalui Taobao Maker Festival (TMF) 2019, Alibaba menggelar showcase bagi para Taobao makers untuk melahirkan inovasi-inovasi penunjang bagi gaya hidup Gen Z.

CMO Alibaba Group Chris Tung mengatakan, mereka menemukan fakta menarik seputar pasar potensial di marketplace Taobao. Bukan hanya didominasi oleh pasar dari generasi milenial dan Z, Taobao juga didominasi oleh makers dari generasi tersebut.

“Kami menemukan data bahwa orang yang lahir setelah tahun 1990, kebanyakan sudah mempunyai toko sendiri di Taobao. Tapi, mereka tidak hanya tertarik untuk berjualan dan bertransaksi saja. Lebih dari itu, mereka ingin memperkenalkan diri dan membuat koneksi khusus dengan para pembeli,” ungkap Chris di Hangzhou, China, Rabu (11/09/2019).

Fenomena ini dinilai Chris menunjukkan generasi Z telah bertumbuh dan mengambil peran penting. Tak dipungkiri, generasi ini mulai menggeser popularitas generasi Milenial.

Memgakuisisi pembeli dari generasi muda pum dinilai Alibaba kian penting. Termasuk, mengikuti tren baru dari sisi penjual dan pembeli.

Apalagi, populasi generasi Z tak kalah menarik dari generasi milenial. Menilik penelitian yang dilakukan McCrindle, ada sekitar dua miliar penduduk dunia yang tergolong ke dalam generasi Z.

“Melalui TMF, kami mencoba memahami bagaimana demand dari generasi Z dan memberikan panggung bagi makers kami untuk memperkenalkam produk-produk inovatif mereka yang cocok bagi generasi Z,” jelas Chris.

Berbeda dengan tahun lalu, TMF 2019 diselenggarakan selama dua minggu di dua lokasi berbeda (Hangzhou Boiler Factory dan West Lake). TMF 2019 menggandeng lebih dari 400 merchant berpartisipasi dengan lebih dari 1.000 produk limited edition.

Setiap booth merepresentasikan Unique Selling Point (USP) yang berbeda satu dengan yang lain. Bukan didesain sebagai tradeshow, TMF ditujukan untuk meningkatkan brand awareness hingga engagement melalui platform Taobao.

“Ini waktu yang tepat bagi kami untuk mendekatkan diri kepada generasi Z. Di TMF, kami memberikan panggung bagi generasi muda, terutama generasi Z untuk bertemu dan berkolaborasi. Para makers bisa mengenal sesama penjual dan berkolaborasi melahirkan inovasi produk baru sekaligus mendengar keinginan konsumen yang pada akhirnya dapat membantu mengembangkan bisnis mereka,” kata Chris.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular

ALIVE Indonesia







To Top