Technology

Gerakan Produser 10.000 Ajak Masyarakat Dukung Film Nasional

SUMBER: KETIX

Startup penerbitan digital Ketix mengajak masyarakat memajukan industri perfilman Indonesia melalui gerakan Produser 10.000. Bekerja sama dengan sutradara dan produser Aditya Gumay serta penulis buku Dewa Eka Prayoga, gerakan crowdsourcing ini mengajak publik untuk memproduseri film dengan membayar Rp 10.000 saja.

“Banyak sekali produser film yang filmnya flop di pasaran karena mungkin kurangnya pemasaran dan harus bersaing dengan film Hollywood yang selalu menguasai pasar. Itulah alasan di balik adanya gerakan Produser 10.000. Nantinya, ada referral-marketing yang akan mengajak masyarakat memasarkan film nasional ke teman, tetangga, saudara, dan siapa pun di sekitar mereka,” ujar Aditya Gumay saat press conference di Jakarta (28/10/2019).

Selain mendapat keuntungan finansial, masyarakat yang ikut sebagai anggota gerakan Produser 10.000 bisa ikut mengajukan naskah film atau memilih jalan cerita film yang sudah disiapkan oleh sutradara dan penulis naskah. Tetapi, gerakan ini terbatas hanya diikuti oleh para member yang sudah terdaftar di Produser 10.000 di aplikasi Ketix.

“Memang bisa dibilang gerakan ini eksklusif hanya untuk para anggota. Tetapi, kami tetap melihat masyarakat harus punya kontribusi dalam perfilman Indonesia. Selama ini, penonton hanya jadi subjek perfilman, dengan adanya gerakan ini mereka bisa mengambil peran lebih,” jelas CEO Ketix Tendi Murti.

Dalam press conference gerakan Produser 10.000 turut hadir pula Ruben Onsu, produser dan pemain film Bus Om Bebek yang menjadi film pertama kolaborasi dari gerakan ini. Ke depannya, akan ada tujuh film nasional yang akan berkolaborasi dan semuanya berasal dari novel-novel best-seller Indonesia.

“Tetapi, bukan berarti kami hanya menggunakan novel best-seller sebagai naskah kami. Karena Ketix adalah startup menulis, akan ada film yang ceritanya berasal dari salah satu penulis di platform kami,” lanjut Tendi.

Untuk ikut dalam gerakan Produser 10,000, masyarakat cukup mendaftar lewat aplikasi Ketix dan membayar biaya keanggotaan sebesar 10,000 rupiah saja. Selain keuntungan finansial, anggota Produser 10.000 juga akan mendapat pelatihan online seni peran dan entertainment bersama Aditya Gumay.

Ketix dan Aditya Gumay menargetkan gerakan Produser 10.000 bisa meraih 250.000 anggota dalam waktu satu tahun ke depan.

MARKETEERS X








To Top