Technology

Gojek Tingkatkan Proteksi Bagi Pelanggan Perempuan

SUMBER: GOJEK

Memahami banyaknya pelanggan perempuan yang menggunakan layanan mereka, Gojek menghadirkan fitur Gojek SHIELD yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk memastikan keamanan pengguna bahkan sebelum melakukan perjalanan.

Fitur ini memastikan nomor telepon pelanggan disamarkan, demikian pula milik driver. Fitur lainnya adalah bagikan perjalanan dan tombol darurat yang terhubung dengan customer care serta unit darurat yang siap 24/7.

“Kami bekerja ekstra keras melebihi standar industri guna memastikan keamanan bagi perempuan terutama di malam hari. Ini penting mengingat 55% dari total perjalanan GoRide dan GoCar di malam hari dilakukan oleh pelanggan perempuan,” tutur Monita Moerdani selaku SVP Transport Marketing Gojek.

Tidak hanya meningkatkan perlindungan kepada pengguna lewat aplikasi mereka, Gojek juga melakukan upaya lain. Dua inisiatif terbaru yang mereka kerjakan adalah meluncurkan Zona Aman Bersama Gojek dan pelatihan para mitra untuk menjadi active bystander.

Zona Aman Bersama Gojek merupakan ruang ramah perempuan yang akan memanfaatkan ratusan titik jemput di berbagai lokasi dengan penerangan dan kursi tunggu. Selain itu, mereka juga akan menghadirkan materi edukasi publik untuk melakukan sosialisai ruang publik yang aman bagi perempuan.

Kehadiran Zona Aman Bersama Gojek ini merupakan inisiasi yang mengacu pada kajian “After Dark: Encouraging Safe Transit for Women Travelling at Night” dari UN Women dan Pules Lab Jakarta. Kajian tersebut dibuat untuk memahami keamanan dan mobilitas perempuan di wilayah perkotaan, khususnya di malam hari.

“Rasa takut akan pelecehan dan kekerasan seksual, seringkali menghambat mobilitas dan membatasi akses perempuan dan anak perempuan di ruang publik. Infrastruktur publik yang berkualitas dan efisiensi dari layanan transportasi memainkan peran penting dalam memastikan transit yang aman bagi perempuan,” ujar Jamshed M. Kazi sebagai perwakilan dari UN Women.

Untuk pelatihan mitra sebagai active bystander, Gojek telah bekerja sama dengan Hollaback! Jakarta sejak tahun 2019. Pelatihan mitra dilakukan melalui Bengkel Belajar Mitra (BBM). Selain itu, Gojek juga berkolaborasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) dan lembaga lainnya.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top