Government & Public Services

Gojek Wirausaha Gelar #GerakanOnlineNusantara

Sumber: Gojek

Gojek Wirausaha terus mendorong pelaku UMKM di Indonesia agar naik kelas. Kali ini, dengan menggandeng enam kementerian/lembaga, Gojek Wirausaha menggelar seminar dan lokakarya #GerakanOnlineNusantara – UMKM Kreatif dan Mandiri Kreasi Anak Bangsa. Enam kementerian ini adalah Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Koperasi dan UMKM, Kementerian Perindustrian, Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlingdungan Anak, dan Direktorat Jenderal Pajak-Kementerian Keuangan.

“Indonesia sekarang merupakan negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara dengan pertumbuhan ekonomi digital tercepat. Potensi ini harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM. Hal ini agar kita bisa terus menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” ujar Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif di Jakarta, Selasa (27/08/2019).

Triawan menjelaskan dengan pemanfaatan platform digital, akan terbuka akses yang lebih luar bagi UMKM untuk naik kelas. Tidak hanya pada aspek pasar, tapi juga pengelolaan usaha yang lebih baik.

“Gojek berupaya menjawab tantangan yang dihadapi UMKM dengan memberikan kesempatan pada mereka untuk berkembang dengan memanfaatkan teknologi. Melalui Program Gojek Wirausaha #GerakanOnlineNusantara, Gojek menyediakan paket lengkap bagi UMKM akan akses pasar yang luas dengan masuk ke ekosistem Gojek,” ujar Shinto Nugroho, Chief Public Policy & Government Relations Gojek Group.

Program Gojek Wirausaha adalah program pelatihan bisnis yang diberikan oleh Gojek pada pelaku industri UMKM dalam bentuk kelas tatap muka. Program ini memberikan dasar-dasar pengetahuan membangun bisnis digital. Program ini juga mengampanyekan #GerakanOnlineNusantara untuk mendorong lebih banyak UMKM go online. Dengan memberikan akses ke ekosistem Gojek, pelaku industri UMKM bisa mengakses GoFood, GoPay, dan Arisan Mapan serta kolaborasi dengan komunitas dan institusi pemerintah.

Dalam pelatihan ini, UMKM diberikan materi yang sebelumnya telah disesuaikan dengan level kesiapan usaha. Mulai dari tingkat pemula, menengah, dan lanjutan. Materi yang disampaikan di antaranya digital marketing, pengemasan produk, fotografi produk, manajemen bisnis, dan lainnya guna memperluas akses pelaku UMKM.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular

ALIVE Indonesia







To Top