GudangAda Siap Fasilitasi 15.000 Koperasi Jawa Barat Go Digital

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
21 September 2022
marketeers article
Founder CEO GudangAda, Stevensang menjelaskan tentang aplikasi GudangAda kepada mitra koperasi. | Foto: GudangAda
UKM di Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan dan peningkatan dari berbagai sisi. Hal ini tidak lepas dari peran teknologi serta bagaimana mereka memanfaatkan peluang bisnis secara digital. Menyadari pentingnya pemberdayaan lebih lanjut bagi koperasi dan bisnis UKM, GudangAda melakukan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
Kolaborasi keduanya akan membantu sekitar 15.000 koperasi untuk mengadopsi solusi digital GudangAda. Dengan demikian, harapannya mereka mampu semakin tumbuh sehat dan tak kalah bersaing di era serba digital.
“Kami melihat adanya solusi teknologi yang inklusif dan bisa digunakan semua pihak untuk mengembangkan bisnisnya. Kami ingin mendukung para UKM mengelola bisnis dengan lebih cepat dalam proses berjualan maupun pembelian,” tutur Stevensang, CEO dan Founder GudangAda pada acara penandatanganan MoU dengan Pemprov Jawa Barat, Rabu (21/09/2022) di Bandung.
Lebih lanjut ia menuturkan bahwa GudangAda ingin para pelaku UKM dapat mengelola bisnisnya dengan lebih murah dan efisien. Setelah itu, ke depannya mereka bisa mengelola serta mengembangkan usaha lewat dukungan permodalan.
Jawa Barat menjadi provinsi yang potensial untuk mengembangkan kolaborasi ini. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), UKM di wilayah Jawa Barat menjadi salah satu yang mendominasi pasar. Hal ini terlihat dari sebesar 50% dari total usaha yang ada.
Pertumbuhan koperasi di Jawa Barat pun terus bertambah setiap tahunnya. Faktor pendorongnya yaitu adanya modernisasi koperasi yang urgensinya cukup besar seiring dengan perubahan pola perilaku di masyarakat.
“Dengan pertumbuhan koperasi di Jawa Barat yang semakin tahun semakin bertambah, penting untuk mempertahankan momentum digitalisasi agar UKM tidak hanya sekadar onboard ke sebuah platform digital. Tetapi mereka juga harus bisa berkembang sehat di dalam ekosistem digital,” pungkas Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat.
Laki-laki yang akrab disapa Kang Emil itu menambahkan lewat keberadaan solusi digital GudangAda, mitra Koperasi Jawa Barat bisa mendapatkan keunggulan kompetitif untuk bersaing dengan pelaku usaha lain di industri.
Kerja sama ini dilakukan dalam rangka mendukung program UKM Jabar Juara 2022 milik Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat agar jumlah UKM semakin meningkat. Berbekal tingkat literasi digital yang baik, pemerintah berharap bisnis UKM dapat bertumbuh sehat dan memberikan manfaat positif bagi kesejahteraan masyarakat.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related