Automotive

Hadir dengan Tiga Varian Baterai, City Car VW ID.3 Tantang BMW i3

VW ID.3

Volkswagen (VW) secara resmi memperkenalkan city car full elektriknya bernama ID.3. Pesaing utama dari BMW i3 ini dibanderol kurang dari US$ 33.000. Untuk memenangkan persaingan, mobil ini hadir dalam tiga varian baterai yang berbeda.

Varian pertama yakni VW ID.3 Basic yang dibekali dengan baterai 45 kWh. Baterai ini diklaim VW memiliki daya jelajah sejauh 330 kilometer dan dapat menyentuh kecepatan maksimal hingga 160 kpj. Sedangkan sang kakak yaitu ID.3 1ST hadir dengan baterai berkapasitas 58 kWh dan mampu berjalan sejauh 420 kilometer dalam sekali pengisian daya.

“ID.3 1ST menampilkan baterai dengan kandungan energi aktual yang dapat digunakan sebesar 58 kWh serta jangkauan listrik hingga 420 kilometer sesuai WLTP. Baterai dapat diisi ulang dengan output pengisian maksimum 11 kW (AC) dan 100 kW (DC),” terang pihak perusahaan yang dikutip dari electrek.com.

Sedang varian tertingginya bernama ID.3 Long-Range dipersenjatai dengan bateraai 77 kWh dan mampu menjelajah hingga 550 kilometer. Output pengisian maksimum pun dibuat lebih tinggi yakni 11 kW untuk aliran AC dan 125 kW untuk DC.

Kehadiran ID.3 tentunya akan membuat persaingan antar mobil elektrik kian menarik. Kepala Desainer VW Klaus Bischoff mengatakan bahwa ID.3 merupakan sebuah batu loncatan bagi VW untuk menuju masa depan.

Selain berbeda di kapasitas baterai, VW juga membedakan fitur-fitur yang tertanam dalam tiap varian. Dilansir dari electrek.com, varian dasar ID.3 1St dibekali sistem navigasi, radio digital DAB+, pemanas kursi dan stir, sandaran tangan di kursi depan, kabel pengisian daya mode 2 serta velg alloy berukuran 18-inchi.

Berbeda dengan ID.3 1ST Plus yang dilengkapi dengan kamera parkir, Adaptive Cruise Control, fitur keyless, velg alloy berukuran 19-inchi, dan beberapa perbedaan di sisi eksterior. Terkahir yakni ID.3 1ST yang dilengkapi dengan tampilan head-up augmented reality (AR), sistem audio dari Beats, panoramic roof, velg alloy berukuran 20-inchi serta beberapa fitur keselamatan seperti lane keeping system dengan emergency assist, lane change system, dan lainnya.

Namun ketiga varian ini memiliki kesamaan fitur. Di mana ketiganya dibekali dengan fitur Front Assist dengan City Emergency Braking System and Pedestrian Monitoring, Multicollision Brake dan Lane Assist, Side Assist Lane Change System, serta Park Assist termasuk kamera parkir.

“Dengan ID.3, Volkswagen sedang menuju masa depan. Gaya alami dan pengalaman pengguna yang benar-benar intuitif menunjukkan cara berpikir yang baru dan elektrik,” tutup Bischoff.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X