Honda CBR1000RR-R Fireblade SP Jadi Edisi Spesial 30 Tahun Fireblade

profile photo reporter Adiva Maharani
AdivaMaharani
19 Maret 2022
marketeers article
PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja menghadirkan produk edisi spesial dari big bike barunya CBR1000RR-R Fireblade SP. Motor supersport dengan performa tinggi ini dibuat untuk merayakan 30 tahun kehadiran Fireblade atau disebut dengan CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary.

Produk edisi spesial tersebut menjadi salah satu ikon terbaik sepeda motor berperforma tinggi milik Honda, yang muncul sebagai episentrum filosofi Total Control. CBR1000RR-R Fireblade SP menawarkan pengendalian yang sempurna serta sensasi berkendara dengan memacu adrenalin layaknya mengendarai MotoGP di jalan raya.

Terinspirasi dari Honda RC213V MotoGP dan RC213V-S, CBR1000RR-R Fireblade SP memiliki beragam daya tarik. Terdapat rombakan saluran udara masuk (intake system) yang berfungsi untuk meningkatkan performa mesin pada putaran menengah dan penambahan gigi sprocket belakang untuk perbaikan akselerasi serta menambah rigiditas handling.

Kehadiran Fireblade sejak tahun 1992 ini membuat penampilan CBR1000RR-R Fireblade SP semakin unik. Mulai dari pemilihan warna yang mengombinasikan warna merah, putih dan biru untuk beberapa bagian sepeda motor, serta detail penanda edisi spesial 30 tahun.

Marketing Director AHM Thomas Wijaya menyampaikan bahwa CBR1000RR-R Fireblade SP edisi spesial hadir dengan kesempurnaan menyeluruh untuk para pecinta big bike di Indonesia. Sepeda motor ini siap memberikan fitur terbaiknya bagi yang ingin merasakan sensasi berkendara secara maksimal di sirkuit.

”Kehadirannya di Tanah Air didukung layanan terbaik di jaringan Big Wing Honda yang siap memberikan layanan premium bersama tim terlatih untuk menemani pecinta flagship big bike Honda,” kata Thomas.

Dengan desain aerodinamis dan agresif, CBR1000RR-R Fireblade SP akan menjadi sepeda motor yang melegenda dari jenis supersport dari Honda. Minimnya area frontal dirancang agar menambah aerodinamika, membuat hampir semua bagian diciptakan khusus untuk downforce maksimal saat berakselerasi, mengerem, maupun bermanuver.

Kesan futuristik juga turut ditampilkan melalui headlight full LED serta adanya winglet yang diadopsi dari Honda RC213V untuk menambah downforce. Poin tersebut membuat sepeda motor tetap stabil saat dipakai untuk melaju kencang di sebuah tikungan.

Tak hanya itu, performa yang ditawarkan oleh CBR1000RR-R Fireblade SP juga hadir dari aplikasi Air-ram Duct (lubang udara) di bagian depan yang mengalirkan udara segar langsung menuju airbox. Desain ini mencerminkan DNA-nya sebagai motor balap. Desain optimal bagian dalam saluran udara masuk membuatnya suplai udara yang didapat lebih sempurna.

Satu hal lagi yang membuktikan CBR1000RR-R Fireblade SP benar-benar menjadi edisi spesial, yakni fitur Start Mode. Sistem ini menjaga putaran mesin (rpm) tetap konstan saat melakukan start, membuat pengendara dapat berkonsentrasi pada pengoperasian kopling. Dengan seluruh fitur dan performa terbaiknya, CBR1000RR-R Fireblade SP dibanderol sebesar Rp 1,058 miliar on the road wilayah DKI Jakarta.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related