Technology

Huawei Segera Berhentikan Ratusan Pegawai AS

Sumber: 123rf

Huawei dikabarkan tengah bersiap untuk memberhentikan ratusan pegawai mereka di Amerika Serikat. Perusahaan Cina tersebut sempat menghadapi kesulitan setelah dalam beberapa bulan terakhir. Hal itu dikarenakan blacklist perdagangan yang dilakukan oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Dilansir dari The Verge, Huawei berencana untuk memberhentikan pegawai yang ada di anak perusahaan riset mereka, Futurewei Technologies. Huawei mengizinkan sejumlah pegawai asal Cina untuk direlokasi di Cina dan bertahan di perusahaan. Namun, beberapa pegawai lainnya telah mendapatkan pemberitahuan pemberhentian.

Futurewei merupakan laboratorium penelitian di Amerika Serikat. Mereka juga tersebar di Texas, California, dan Washington. Pemberhentian itu akan berpengaruh pada 850 orang yang tergabung di dalam perusahaan. Hingga kini, Huawei menolak berkomentar terkait kabar tersebut.

Sebelumnya, pegawai Futurewei telah terlebih dahulu dilarang menghubungi pegawai Huawei lainnya di Cina. Setelah Huawei masuk ke dalam daftar blokir suplai dari AS. Keterbatasan untuk membeli komponen gawai produk mereka diyakini menjadi persoalan terbesar yang menjadi akar dari persoalan saat ini.

Secara keseluruhan, pegawai Huawei di AS tercatat ada sebanyak 1.500 orang. Kebanyakan dari mereka mengurusi penjualan sedangkan lainnya bekerja di Futurewei. Sedangkan untuk hitungan pegawai di seluruh dunia, Huawei memiliki lebih dari 180 ribu orang.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top