Transportation & Logistic

Hyundai Rencanakan Kendaraan Udara Pribadi pada Tahun 2028

Sumber: Hyundai Motor Group

Perusahaan otomotif asal Korea Selatan melihat masa depan industri otomotif dunia yang akan semakin maju. Perusahaan produsen SUV Santa Fe ini memperkirakan akan ada masa ketika orang-orang dapat menggunakan kendaraan udara pribadinya untuk bertransportasi menuju kendaraan terpesialisasi dengan fungsi beragam sebagai restoran hingga klinik.

Chung Euisun, Executive Vice Chairman Hyundai Motor Group menghadiri acara tahunan Condumer Electronics Show (CES) di Vegas pada Senin (06/01/2020). Di acara ini, Chung memperkenalkan visi smart mobolity untuk menghubungkan kendaraa udara dengan transportasi darat terspesialisasi.

“Kami berpikir tentang apa signifikansi yang muncul dalam kehidupan manusia di kota. Hyundai Motor akan bekrontribusi untuk membangun kota yang tersentralisasi pada manusia di mana ‘tembok’ antar kota akan dihancurkan sehingga manusia dapat meraih tujuan mereka secara efektif dan membentuk komunitas baru dengan waktu transportasi yang semakin pendek,” katanya dikutip dari The Korea Herald.

Visi ini akan diimplementasikan lewat tiga solusi utama, yaitu urban air mobility (UAM), purpose built vehicles (PBV), dan mobility hubs. “CES hanya akan menjadi poin awal kami untuk memulai visi ini. Ke depannya, kami akan terus berusaha untuk mengaktualisasi rencana kami,” tambah Chung.

UAM merupakan sistem transportasi yang akan menguhubungkan darat dan udara. PBV akan menghubungkan orang dengan orang di jalan. Kedua tipe dari mobilitas pintar ini, dikatakan Chung akan membentuk ekosistem mobilitas yang terkoneksi dengan hubs.

Shin Jae-won, Chief of UAM Business Division Hyundai Motor mengklaim UAM akan membebaskan orang dari kemacetan dan mendorong orang untuk memanfaatkan waktu untuk kegiatan yang lebih bernilai. Konsep UAM akan memanfaatkan lisrik pada sistem take-off dan landing agar kendaraan ini dapat digunakan di tengah kota dan tidak memerlukan landasan pacu.

Sementara itu, untuk PBV, Hyundai mengatakan bahwa hal ini merupakan solusi mobilitas ramah lingkungan yang terkustomisasi. Desainnya terinspirasi dari cable car yang menjadi landmark kota San Fransisco, Amerika Serikat. Dijelaskan oleh Head of Design Center Hyundai Motor Lee Sang-yeob, PBV dapat diperpanjang hingga 6 meter dari ukuran aslinya di 4 meter.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

 

MARKETEERS X








To Top