Automotive

Indeks Kepuasan Penjualan MMKSI Tertinggi dalam Survei J.D. Power 2019

Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kembali mendapatkan pengakuan dari J.D Power. Setelah bulan September 2019 lalu, meraih peringkat tertinggi dalam Customer Satistaction Index 2019, kini MMKSI memperoleh skor tertinggi dalam hal Sales Satisfaction Index (SSI) J.D Power 2019. Pencapaian indeks kepuasan penjualan tertinggi ini merupakan keempat kalinya diraih MMKSI, setelah sebelumnya di tahun 2013, 2015, dan 2017.

“Pasar otomotif memang sedang mengalami penurunan hingga 10% tahun ini. Namun, pengembangan layanan penjualan tidak boleh ikut melemah. MMKSI menegaskan investasi untuk sales service tetap jalan terus. Dua penghargaan bergengsi yang MMKSI dapatkan secara berturut-turut ini tentu sangat membanggakan dan kami akan terus meningkatkan lagi produk dan layanan yang terbaik untuk konsumen Indonesia,” kata Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI, hari ini (25/11/2019).

Tahun ini, dalam Sales Satisfaction Index 2019 dari J.D Power, MMKSI meraih skor tertinggi di antara pemain lain di industri otomotif Indonesia dengan nilai 835 poin. Kepuasan pelanggan diukur pada skala 1.000 poin dengan skor yang lebih tinggi menunjukkan kepuasaan yang lebih tinggi.

Dalam SSI 2019 ini, J.D Power melakukan survei pada 2.304 responden pemilik kendaraan baru yang membeli kendaraan baru di diler resmi Mitsubishi antara bulan Juli 2018 hingga Juni 2019. Sedangkan pelaksanaan studi SSI ini dari bulan Januari hingga Agustus 2019.

Ada lima faktor yang mempengaruhi dalam indeks kepuasan penjualan ini, yakni konsultan sales (23%), fasilitas diler (23%), proses pengiriman (19%), penyelesaian kesepakatan (19%), dan penyelesaian dokumen (16%). “Di antara lima komponen tersebut, MMKSI meraih skor tertinggi di antara pemain lain, yaitu dalam hal fasilitas diler, proses pengiriman, dan penyelesaian kesepakatan,” tambah Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI.

Memang dalam beberapa tahun ini, MMKSI gencar membangun dan merenovasi diler di seluruh penjuru Nusantara. Seluruh diler kendaraan penumpang Mitsubishi Motor ini sudah tampil modern berstandar global dengan balutan warna hitam. Semua diler juga memiliki berbagai fasilitas yang membuat konsumen nyaman. Sejauh ini, ada 143 diler yang mobil penumpang Mitsubishi Motor. Jumlah ini akan terus ditambah hingga 153 diler sampai akhir tahun fiskal 2019.

Tidak hanya pada fisik diler, dalam mengembangkan layanan penjualannya MMKSI juga telah mengaplikasikan teknologi digital. Kemudian, secara rutin melakukan pelatihan berkala dan berkelanjutan pada sales person dan customer satisfaction officer

Selain meraih skor tertinggi dalam SSI J.D Power 2019 dan CSI J.D Power 2019, Mitsubishi Motors juga mendapatkan pengkuan Initial Quality Study (IQS) Indonesia. Ini merupakan penghargaan atas pengembangan kualitas kendaraan dengan posisi teratas untuk dua segmen, yakni sport utility vehichle (SUV) dengan produk Pajero Sport dan multipurpose vehicle (MPV) dengan produk Xpander.








To Top