Indodax Prediksi Tahun Ini Aset Kripto Lokal Semakin Banyak

profile photo reporter Bianca Astira
BiancaAstira
17 Januari 2022
marketeers article
Di era yang semakin digital, banyak developer blockchain dari Indonesia yang mulai mengembangkan hingga membuat aset kripto sendiri di beberapa tahun terakhir seiring dengan tren investasi aset kripto. Oscar Darmawan selaku CEO Indodax mengaku aset kripto lokal tidak kalah inovatif. 
Ia memberikan apresiasi atas kerja keras developer dalam negeri yang telah mengembangkan blockchain dan aset kripto lokal. “Dengan perkembangan teknologi yang terjadi terus menerus, saya mengapresiasi inovasi dari para developer token kripto lokal yang turut ambil bagian sebagai pengembang token kripto asli Indonesia,” ujar Oscar.
 Pertumbuhan aset kripto lokal kemungkinan akan semakin banyak di tahun ini. Oscar melihat bahwa aset kripto lokal yang bisa bertahan adalah yang memiliki beberapa kriteria. Seperti, jika sebuah aset kripto tersebut memiliki pengguna dan transaksi yang banyak dan komunitas yang kuat, serta ekosistem yang baik.
Menurutnya, aset kripto sangat bergantung pada utilitas dan fungsi, maka para developer perlu meningkatkan kegunaan untuk siap berada di persaingan yang ketat. Baik persaingan di dalam negeri maupun luar negeri.
“Kriteria tersebutlah yang menjadi pedoman bagi para developer yang mungkin akan terjun untuk membuat token aset kripto lokal. Karena nilai dari suatu kripto akan bergantung pada kegunaan token itu sendiri yang mampu memengaruhi jumlah penggunanya nanti,” tegas Oscar.
Ia menambahkan bahwa aset kripto yang bagus dapat dilihat dari kapitalisasi pasarnya. Jumlah kapitalisasi pasar menunjukkan jumlah investor. “Kapitalisasi perlu diperhatikan secara saksama oleh para pengembang aset kripto lokal yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan perlindungan kepada investor di bursa kripto akan sebentar lagi akan dibangun,” imbuhnya.
Pada praktiknya, masyarakat kerap membutuhkan suatu wadah tempat jual beli aset kripto agar bisa bertransaksi. Sedangkan bagi para pemula bisa bertransaksi di crypto exchanger yang besar dan telah terpercaya di Indonesia, seperti Indodax yang memperdagangkan lebih dari 180 aset kripto dan melayani lebih dari 4,9 juta member dimulai dari harga Rp 10 ribu. Indodax juga memiliki counter offline yang berlokasi di Sudirman, Jakarta Selatan dan Sunset Road di Bali yang bisa dikunjungi para member untuk berkonsultasi. 
 
Editor: Eko Adiwaluyo

Related