Lifestyle

Ingin Berlibur dengan Mobil? Perhatikan Lima Hal Berikut Agar Perjalanan Kamu Makin Aman

Ilustrasi: 123rf

Libur telah tiba.. libur telah tiba.. hatiku gembira! Mungkin kamu sudah tidak asing dengan lirik lagu tersebut. Lagu yang dipopulerkan oleh Tasya untuk generasi 90an ini sering mengiringi momen libur panjang. Nah, saat liburan seperti ini apa yang akan kamu lakukan? Masih bingung? Mungkin berjalan-jalan bersama keluarga atau orang tersayang bisa menjadi pilihan menu liburan kamu pada penghujung tahun 2018.

Untuk menambah kedekatan, berlibur dengan mobil bisa menjadi pilihan dan memang masih menjadi moda transportasi favorit masyarakat. Untuk kamu yang ingin berlibur dengan mobil, coba perhatikan lima hal berikut agar perjalananmu semakin aman.

1. Rencanakan rute perjalanan
Merencanakan rute perjalanan merupakan suatu hal yang penting dan harus kamu persiapkan sebelum berlibur. Mengapa? Hal ini kian penting agar kamu terhindar dari berbagai hal yang membuat mood kamu berubah lantaran kesasar atau mengalami kendala lainnya.

2. Cek kondisi mobil
Selanjutnya juga tidak kalah penting adalah mengecek kondisi mobil. Mengecek kondisi mobil kamu penting kamu lakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. Jika kamu tipikal orang yang sibuk maka kamu bisa mengecek kendaraan di bengkel resmi atau bengkel kepercayaan.

Tapi jika kamu ada waktu senggang maka kamu bisa mengecek kondisi mobil kamu sendiri di rumah. Bagian-bagian yang terbilang cukup mudah untuk dicek seperti air radiator, air aki, air wiper, kondisi lampu baik headlamp atau stoplamp, klakson, dan lain-lain. Jika sudah menyangkut urusan mesin, AC, transmisi dan lain sebagainya maka sebaiknya kamu tetap membawa mobil kamu ke bengkel resmi.

3. Utamakan keselamatan
Poin ini tidak bisa ditoleransi. Berkendaralah dengan sopan dan taat pada peraturan lalu lintas. Hal ini baik untuk kamu dan orang di sekitar kamu. So, pastikan, kamu yang ingin berkendara sudah memantaskan diri dan sudah tersertifikasi dengan memiliki surat izin mengemudi ya.

4. Bawa perlengkapan untuk kondisi darurat
Kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan. Maka dari itu, menyiapkan barang-barang yang akan berguna saat kondisi darurat tidak boleh kamu abaikan. Kamu pun bisa membawa kotak P3K, toolkit, dongkrak, ban cadangan, lampu cadangan, senter dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga harus siap siaga dalam menghadapi kondisi jalan yang beraneka ragam. Bulan Desember adalah bulan yang memiliki potensi hujan cukup tinggi. Nah, alangkah baiknya kamu tetap konsentrasi selama perjalanan dengan memerhatikan kondisi sekitar.

5. Jaga kondisi badan
Jika keempat poin di atas berkaitan dengan kebutuhan teknis, di poin terakhir ini berbeda dan harus kamu perhatikan juga. Menjaga kondisi badan tetap fit merupakan keharusan apa lagi kalau kamu berperan sebagai pengemudi. Istirahatlah yang cukup sebelum dan selama perjalanan. Hal ini sangat penting karena jika kamu memaksakan diri untuk berkendara di saat kamu kelelahan atau mengantuk maka risiko kecelakaan yang akan kamu terima menjadi lebih besar.

Selamat berlibur!

Most Popular








To Top