Government & Public Services

Ini Dia Lima Fokus dan Masalah Pembangunan Indonesia Saat Ini

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago menyampaikan beberapa fokus pemerintah dalam pembangunan ekonomi dalam lima tahun ke depan. Paparan tersebut disampaikan oleh Menteri Andrinof dalam peresmian MarkPlus Center for Economy and Business di Kantor MarkPlus, Jakarta, Senin (25/5/2015).

Ada lima fokus dalam pembangunan Indonesia dalam lima tahun ke depan. Pertama, pemerintah fokus pada masalah pangan. Permasalahan pangan ini amat penting karena hal ini di Indonesia dibayang-bayangi oleh potensi kelangkaan pangan. “Masalahnya, lahan pertanian tidak bisa dikembangbiakkan. Ini menjadi salah satu fokus kami dalam lima tahun ke depan,” ujar Andrinof.
 
Kedua, pemerintah juga memfokuskan pada masalah kelautan dan perikanan. Sebagai negara dengan 70% wilayahnya berupa laut, Indonesia dihadapkan dengan permasalahan sebagai negara bukan pengekspor ikan nomor satu di Asia. Padahal potensi untuk menjadi nomor satu terbuka luas.
 
“Selain itu, permasalahan kemiskinan juga masih menghinggapi para nelayan kita di pesisir laut. Sayang sekali kekayaan besar ini besar tapi justru dinikmati oleh pihak lain,” kata Andrinof.
 
Fokus keempat, terkait permasalahan industri. Menurutnya, belakangan ini, peranan sektor industri tampak menurun. Kelima, pemerintah berusaha meningkatkan industri pariwisata. Pemerintah menargetkan 20 juta kunjungan wisatawan asing sampai tahun 2019. Industri pariwisata di Indonesia masih bisa untuk dikembangkan karena angka kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia hanya sepertiga dari kunjungan wisatawan mancanegara ke Malaysia dan Thailand.
 
“Sektor pariwisata ini merupakan sektor yang memiliki tingkat kemudahan apabila dibandingkan dengan sektor yang lain. Tinggal bagaimana memperbaiki infrastruktur wisata, fasilitas dan cara memasarkannya,” ujar Andrinof.
 
Ke depannya, Andrinof menjabarkan Indonesia harus menjadi negeri dengan struktur ekonomi yang kuat dan kokoh dnegan usia produksi selama mungkin dan tumbuh secara berkelanjutan.

MARKETEERS X








To Top