Government & Public Services

Inilah Kepala Daerah Peraih Penghargaan Natamukti 2019

SUMBER: MARKETEERS

Setelah tiga tahun diadakan, Penghargaan Natamukti terus memberikan apresiasi terhadap para Kepala Daerah yang memajukan UMKM di daerahnya. Didukung oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Republik Indonesia, Penghargaan Natamukti 2019 diadakan di Bogor (07/10/2019) bersamaan dengan acara Galang UKM yang juga telah diadakan selama empat tahun.

Adanya Penghargaan Natamukti menjadi wujud nyata dalam memajukan UMKM lokal, tidak hanya di dalam negeri tapi juga untuk mereka yang go international.

“Sudah bukan waktunya kita hanya bersaing di dalam negeri, terutama dalam hal kewirausahaan. Harus punya kemauan, tekad, dan inovasi agar bisa bersaing di kancah internasional,” ujar Hermawan Kartajaya, Founder dan Chairman MarkPlus, Inc. yang juga Chairman International Council for Small Business (ICSB) Indonesia.

Hermawan mengatakan untuk membuat ekosistem UMKM lokal semakin kuat ada lima pilar penting yang harus berkolaborasi dalam mengakselerasi UMKM di tanah air, yaitu korporasi, universitas, pembina, media, dan pembuat kebijakann yang ia sebut dengan penta helix.

Penghargaan Natamukti diberikan kepada kota dan/atau kabupaten yang berhasil mempromosikan UMKM lokal, mendorong peningkatan kualitas produk UMKM lokal, serta membangun ekosistem UMKM di daerahnya.

Selain itu, adapula penghargaan Natamukti Ganapravara yang diberikan kepada pemenang Natamukti Nindya di tahun-tahun sebelumnya yang terus menunjukkan kinerja bagus pada tahun berikutnya. Dengan kata lain, penghargaan Natamukti Ganapravara diberikan kepada kepala daerah yang telah mendapatkan penghargaan Natamukti Nindya dan hingga kini terus menunjukkan kinerja positif dalam memajukan UMKM di daerahnya.

Terakhir, ada Natamukti Nindya yang merupakan penghargaan tertinggi dari Natamukti. Penerima penghargaan ini dianggap sebagai kota dan/atau kabupaten terbaik dalam meningkatkan daya saing UMKM, baik di tingkat nasional maupun internasional. Untuk tahun ini, penerima penghargaan Natamukti Nindya jatuh kepada Kabupaten Sleman.

“Kaitannya kami dengan Penghargaan Natamukti ini dalam rangka membina, menggerakkan, dan menumbuhkan UMKM di daerah kami, Kabupaten Sleman. Penghargaan ini mendorong UMKM untuk terus eksis dan menjadi kuat yang akhirnya masyarakat dapat menjadi golongan ekonomi menengah,” ucap Sri Purnomo, Bupati Sleman.

Berikut daerah penerima penghargaan Natamukti 2019:

Natamukti kategori Kota

  1. Kota Balikpapan
  2. Kota Bandung
  3. Kota Bengkulu
  4. Kota Jakarta Timur
  5. Kota Jambi
  6. Kota Malang
  7. Kota Medan
  8. Kota Padang
  9. Kota Pontianak
  10. Kota Tangerang
  11. Kota Tangerang Selatan

Natamukti Kategori Kabupaten

  1. Kabupaten Bojonegoro
  2. Kabupaten Deli Serdang
  3. Kabupaten Karanganyar
  4. Kabupaten Kulon Progo
  5. Kabupaten Lamongan
  6. Kabupaten Pasuruan
  7. Kabupaten Pekalongan
  8. Kabupaten Purwakarta
  9. Kabupaten Serang
  10. Kabupaten Siak
  11. Kabupaten Subang
  12. Kabupaten Trenggalek

Natamukti Ganapravara

  1. Kota Banjarbaru
  2. Kota Bogor
  3. Kabupaten Bantaeng

Natamukti Nindya

  1. Kabupaten Sleman







To Top