Lifestyle & Entertainment

Inilah Tiga Preferensi Wisata Orang Indonesia Tahun 2020

PHOTO CREDIT: 123RF

Situs online travel agent Pegipegi merilis surveu tentang rencana liburan orang Indonesia 2020.  Bekerja sama dengan YouGov, survei tersebut mengungkapkan jika delapan dari sepuluh orang Indonesia merencanakan terlebih dahulu perjalanan mereka.

Survei ini dilakukan lebih dari 2.000 responden yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mengetahui preferensi traveling masyarakat Indonesia pada tahun 2020.

Berdasarkan hasil survei tersebut, lebih dari 78% responden memilih traveling ke destinasi yang menyajikan pemandangan yang indah. 62% memilih untuk traveling ke destinasi wisata dengan biaya terjangkau, dan 51% memilih untuk traveling ke destinasi yang mempunyai wisata budaya dan warisan sejarah.

Destinasi dengan Pemandangan Alam Indah

Destinasi dengan pemandangan alam yang indah lebih banyak diminati oleh responden berjenis kelamin perempuan. Kebanyakan dari mereka sudah berkeluarga dan bekerja full time dengan persentase hingga 82%.

Pada kategori ini terdapat lima tempat wisata yang paling diminati oleh responden, yaitu Raja Ampat, Gunung Bromo, Dieng, Nusa Penida, dan Labuan Bajo.

Responden juga menyebutkan tiga alasan utama dalam mengunjungi tempat wisata dengan pemandangan alam indah. Sebanyak 78% responden mengatakan ingin menikmati pemandangan alam, 77% ingin menghilangkan stress, dan 69% ingin menyegarkan pikiran dari rutinitas kerja.

Destinasi dengan Biaya Terjangkau

Terdapat 70% respoden perempuan menyukai destinasi wisata dengan biaya terjangkau, dan 72% diantaranya berada diusia 35-44 tahun.

Lima tempat yang menjadi destinasi budget terjangkau yang paling banyak dipilih adalah Yogyakarta, Bandung, Denpasar, Malang, dan Solo. Tiga alasan utama responden memilih mengunjungi tempat wisata dengan budget terjangkau adalah 77% berpendapat bahwa banyak wisata murah dan bagus untuk dikunjungi, 76% ingin mencicipi kuliner khas yang murah, dan 71% ingin mendapatkan kemudahan akses.

Tempat Wisata Sejarah dan Warisan Budaya

Berbeda dari dua kategori sebelumnya, tempat wisata sejarah dan warisan budaya paling banyak diminati oleh responden berjenis kelamin laki-laki dengan persentasi 53%. Dalam surve ini, Yogyakarta menjadi lokasi favorit. Berdasarkan survei yang dilakukan, tiga besar lokasi favorit wisata sejarah dan warisan budaya yang diminati di Yogyakarta meliputi Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Responden menyebutkan tiga alasan utama mereka memilih tempat wisata sejarah dan warisan budaya untuk bepergian pada tahun 2020 adalah, 81% ingin mengenal destinasi budaya atau sejarah secara lebih mendalam, 76% ingin menambah wawasan kebudayaan atau sejarah, dan 59% ingin mempelajari keunikan sebuah daerah.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top