Technology

#InvestasiAjaDulu, Cara Tokopedia Edukasi Masyarakat Tentang Investasi

SUMBER: TOKOPEDIA

Tokopedia mengumumkan kemitraan startegi dengan Asosiasi Pelaku Reksa Dana dan Investasi Indonesia (APRDI), yang didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Kolaborasi ini merupakan bagian dari Gerakan Money Market Fund (GM2F), yang dicanangkan oleh APRDI dan pelaku industri pengelolaan investasi.

“Kolaborasi Tokopedia dengan mitra strategis di bidang keuangan ini juga untuk meresmikan kampanye #InvestasiAjaDulu. Kolaborasi ini merupakan bentuk dukungan Tokopedia terhadap gerakan nasional #PasarUanginAja yang dlluncurkan OJK,” kata AVP of Fintech Tokopedia Samuel Sentana.

Kampanye ini juga berfokus pada peningkatan literasi keuangan di berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Mulai dari pelajar hingga ibu rumah tangga, lewat serangkaian kegiatan edukasi yang bertujuan memberikan pemahaman mendalam mengenai investasi serta manajemen keuangan untuk masa depan.

Latar belakang diadakannya kampanye ini karena melihat antusiasme yang tinggi dari masyarakat akan produk investasi di Tokopedia. Contohnya saja di Tokopedia Reksadana yang mengalami peningkatan jumlah transaksi serta pengguna di kuartal III 2019. Transaksi dan jumlah pengguna Tokopedia Reksa Dana masing-masing meningkat hingga 1,5 kali lipat pada bulan September 2019, jika dibandingkan dengan Maret 2019.

“Kami ingin memberikan kemudahan dan memastikan keamanan dalam berinvestasi karena para mitra penyedia layanan keuangan digital yang terhubung telah diawasi oleh OJK,” tambah Samuel.

Kerja sama antara Tokopedia dan APRDI ini disambut baik oleh OJK yang berharap edukasi mengenai investasi dapat terus dilakukan. “Edukasi tentang instrumen investasi merupakan agenda yang penting dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di tengah masyarakat Indonesia. Strategi pengembangan literasi keuangan nasional merupakan salah satu fokus kami tahun ini, khususnya kepada masyarakat untuk memulai berinvestasi,”ujar Sujanto, Direktur Pengelolaan Investasi OJK.

Fase pertama dari kampanye #InvestasiAjaDulu pun telah dimulai dengan edukasi yang mengangkat tema “Investasi Dana Impian untuk Masa Depan dengan Reksa Dana”. Edukasi ini membahas pentingnya mempersiapkan rencana keuangan untuk masa tua sejak dini. Ke depan, kolaborasi ini juga akan menghadirkan beragam kegiatan yang bisa meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top