Technology

Iphone 11, Menawarkan Fitur Baru atau Tidak

Dengan diluncurkannya iPhone 11 pada Selasa (10/09/2019) lalu, produk baru dari Apple ini telah mencuri perhatian dari para pengguna setia iPhone. Tidak tanggung-tanggung Apple pun meluncurkan tiga seri sekaligus, yaitu iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Mereka pun menjanjikan fitur terbaru dan tercanggih pada ketiga seri tersebut. Tetapi, benarkah iPhone 11 menawarkan fitur yang paling hebat dari smartphone lain?

Salah satu pembaharuan yang dilakukan oleh Apple dalam iPhone 11 adalah kualitas kameranya. Dengan ultra wide camera dan night mode atau modus malam menjadi fitur yang sangat diidolakan. Tetapi, ultra wide camera bukan lagi sesuatu yang baru dalam dunia smartphone. Samsung Galaxy S10 dan Oneplus 7 Pro lebih dulu menawarkan fitur tersebut. Sedangkan untuk modus malam, beberapa smartphone lain juga telah muncul dengan fitur serupa, seperti Pixel dan Huawei. Meskipun demikian, beberapa review seperti yang ditulis dalam Business Insider mengatakan modus malam dari iPhone 11 menangkap gambar yang lebih jernih dan lebih terang saat kondisi minim cahaya daripada smartphone lainnya.

Selanjutnya dari segi desain, Apple sepertinya belum dapat memberikan inovasi yang terbaru pada produk iPhone. Perubahan fisik yang paling terlihat dari iPhone 11 mungkin sentuhan matte-glass pada bagian belakangnya. iPhone 11 Pro juga memiliki tiga kamera belakang yang memberikan perbedaan yang jelas dari iPhone lainnya. Namun, jika dilihat sekilas pun desain iPhone 11 tidak lebih berbeda dari iPhone X keluaran tahun lalu. iPhone bahkan belum dapat meninggalkan layar notch mereka, seperti yang dilakukan oleh Oneplus 7 Pro tanpa notch yang terlihat sangat elegan. Terakhir, iPhone 11 juga masih menggunakan layar 60 Hz ketika beberapa smartphone telah menggunakan layar 90 Hz seperti Oneplus, Razer, dan Asus. Meskipun layar 60 Hz juga sudah bagus, tetapi layar 90 Hz memberikan performa lebih cepat dan lebih halus yang membuat smartphone terasa sangat premium.

Dari segala kelebihan dan kekurangan yang ditampilkan dalam seri iPhone 11, sepertinya kita masih perlu mengapresiasi para pelanggan setia iPhone yang rela mengantre untuk mendapatkan produk terbaru keluaran Apple tersebut. Peluncuran seri iPhone 11  kali ini pun sekali lagi membuktikan Apple sebagai perusahaan trendsetter dalam bidang teknologi.

 

MARKETEERS X








To Top