Jaga Kualitas Layanan, BCA Pertahankan Sertifikasi ISO 9001:2015

marketeers article
Ilustrasi kantor BCA (FOTO: BCA)

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) telah sukses mempertahankan sertifikasi ISO 9001:2015 dalam menerapkan sistem manajemen mutu untuk menjamin kualitas layanan kredit konsumer kepada para nasabahnya. Hasil ini diperoleh dengan temuan zero finding untuk kategori kinerja bisnis kredit konsumer pada tahun 2024.

Dini Niwantari, Vice President Consumer Loan BCA menyampaikan, keberhasilan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) BCA tercermin dari standar kualitas layanan yang tinggi yang dirasakan oleh nasabah.

“Pelayanan prima ini dicapai melalui pengembangan digitalisasi dalam setiap proses, termasuk pemanfaatan berbagai media komunikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah,” kata Dini dikutip dari siaran pers kepada Marketeers, Jumat (15/3/2024).

BACA JUGA: Gelar RUPS, BCA Tebar Dividen Rp 270 per Lembar Saham

Sertifikasi ISO untuk KPR BCA menunjukkan standar kualitas dalam setiap tahapan operasional, khususnya pada proses realisasi KPR. Ini mencakup persiapan dokumen yang diperlukan saat akad kredit hingga realisasi kredit, untuk meminimalisasi kesalahan yang dapat mengganggu kenyamanan nasabah.

Langkah ini sejalan dengan upaya BCA untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah dan memberikan pengalaman transaksi optimal melalui inovasi layanan perbankan sesuai perkembangan teknologi.

Tahun 2022 menjadi tahun kedua KPR BCA meraih Sertifikasi ISO 9001:2015. Sejak pertama kali mendapat sertifikasi pada tahun 2019, KPR BCA memiliki visi menjalankan proses operasional dengan kualitas tinggi untuk mendukung kredit konsumer BCA sebagai pilihan utama masyarakat.

Untuk mempertahankan sertifikasi, BCA wajib mengikuti proses serupa setiap 3 tahun dengan audit surveillance setiap tahun. Kesinambungan ini mencerminkan keseriusan BCA dalam menjaga kualitas layanan dan memberikan keyakinan pada nasabah bahwa bank ini memenuhi standar tertinggi di industri keuangan.

BACA JUGA: AIA dan BCA Luncurkan Premier Pro untuk Nasabah Membership

Dini berharap, KPR BCA tetap konsisten dalam memberikan layanan untuk menumbuhkan kepercayaan nasabah. Kembali melekatnya sertifikasi ISO 9001:2015 ini membuktikan KPR BCA sebagai penyedia layanan kredit yang terpercaya dan profesional di mata masyarakat.

Selain memegang ISO 9001:2015, BCA juga telah memperoleh sejumlah pengakuan dan sertifikasi atas kualitas operasionalnya. Pada awal 2023, BCA mendapatkan ISO 20000:1-2018 untuk sistem manajemen layanan pusat data dan manajemen operasi TI.

Perusahaan juga mendapat sertifikat Threat, Vulnerability, and Risk Assessment (TVRA) atas keamanan fisik dan data infrastruktur data center BCA. Terakhir, pada akhir 2023, BCA meraih sejumlah penghargaan bergengsi dari Global Contact Center World Awards (GCCWA) 2023 dan The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) atas kualitas layanan Halo BCA.

Editor: Eric Iskandarsjah

Related