Technology

Jajaran Teknologi yang Tengah Dikembangkan Bukalapak

Founder & CEO Bukalapak Achmad Zaky

Bukalapak tengah mentransformasikan diri. Kini, Bukalapak membangun positioning bukan sekadar perusahaan e-commerce melainkan perusahaan teknologi. Banyak upaya yang mereka lakukan untuk mencapai imej tersebut. Apa saja? Berikut jajaran teknologi yang tengah dikembangkan Bukalapak untuk menjadi perusahaan teknologi.

“Misi kami sejak awal adalah ingin menjadi perusahaan teknologi terbesar yang memberdayakan usaha kecil. Kami pun telah mengembangkan beberapa inovasi,” kata Founder & CEO Bukalapak Achmad Zaky di Senayan.

Beberapa inovasi tersebut, meliputi:

1. Warung Digital

Dengan konsep warung digital yang bertajuk Mitra Bukalapak, startup teknologi lokal ini menghubungkan para pemilik warung dengan teknologi digital. Berbagai layanan pun mereka hadirkan untuk para pengusaha mikro di Indonesia ini. Mulai dari pembiayaan, pembayaran non-tunai, pemesanan barang, pengiriman, hingga pengembangan bisnis.

2. BukaBike

Belum lama ini, Bukalapak melakukan soft launching fitur terbarunya, BukaBike. Konsep bike sharing ini tengan diujicoba di kalangan kampus Institut Teknologi Bandung. BukaBike merupakan generasi baru bike-sharing tanpa menggunakan sistem docking, melainkan sistem QR code yang dilengkapi dengan smart lock dan solar panel technology.

“Saya cobakan dulu di kampus saya ITB. Jika bisa dikembangkan lebih besar lagi ya kita coba. Jika tidak, ya biar jadi layanan di sana saja,” ujar Zaky.

3. Drone

Lalu ada teknologi drone yang sedang dibuat eksperimennya skala kecil. Menurut Zaky, teknologi drone ini tidak mudah untuk dikembangkan, tapi pihaknya sedang membuat drone yang lebih canggih untuk Indonesia.

“Kami sedang membuat drone yang kalau ada tembakan ketapel bisa menghindar,” ujar Zaky seraya bercanda.

4. Unman Retail

Zaky juga menyebutkan bahwa pihaknya tengah mengembangkan teknologi Unman Retail atau ritel tanpa bantuan manusia di dalamnya. Konsep ini dikembangkan untuk memberikan pengalaman ritel yang lebih baik, simpel, dan efisien.

“Di Bukalapak, kami meyakini satu value, yakni Try, Fail, and Try Again. Jika gagal ya coba lagi. Salah satunya konsep warung di Mitra Bukalapak yang awalnya merupakan percobaan kecil kami. Kini, bisnisnya kian membesar dengan potensi luar biasa,” tutup Zaky.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top