Automotive

Jangan Biarkan Mobil Anda Rusak Hanya Karena Lama Tidak Digunakan

Mitubishi

Terbatasnya aktivitas di luar rumah akhir-akhir ini menimbulkan beragam tantangan. Tidak terkecuali bagi para pemilik mobil yang kendaraan mereka hanya mengisi lahan parkir. Jangan sampai, karena lama tidak dipakai mobil Anda menjadi rusak atau menimbulkan masalah ketika hendak digunakan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Mitsubishi membagikan tips mengenai elemen apa saja yang perlu diperhatikan ketika mobil lama berdiam diri.

“Hal pertama yang paling mudah dilakukan adalah mengecek oli mesin menggunakan oil dip stick. Lakukan pengecekan di areal yang datar,” ujar Boediarto, Head of After Sales dan CS Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Kedua, cek air radiator. Sama seperti oli mesin, Anda bisa mengecek tinggi minimum dan maksimum dari air radiator. Setelah air radiator, hal ketiga yang harus Anda cek adalah tekanan angin pada ban.

“Ban pada mobil yang lama terparkir tentu tekanan anginnya akan berkurang. Jadi, pastikan ban mobil Anda memiliki tekanan angin yang pas,” lanjut Boediarto.

Keempat, minyak rem atau brake fluid. Cairan ini juga memiliki level minimum dan maksimum yang harus selalu diperhatikan agar terjaga performa pengereman kendaraan Anda.

Lalu kelima battery atau aki. Umumnya, kendaraan menggunakan dua tipe aki, aki kering atau aki basah. Khusus aki basah, Anda harus memerhatikan cairan di dalamnya secara berkala. Lalu yang harus dicek adalah apakah terdapat bercak putih pada kepala aki dan tutupnya. Anda bisa membersihkannya dengan air panas.

Elemen keenam yang harus Anda perhatikan adalah cairan pada wiper. Anda bisa memastikan ketersediaan cairan pembersih ini dengan menengok washer tank yang terletak di dalam kap mesin mobil.

Selain melakukan pengecekan, pastikan mobil Anda terparkir di areal yang datar. Hal ini penting agar Anda tidak perlu mengaktifkan rem tangan pada mobil. Rem tangan yang terus menerus dipakai dalam jangka waktu yang panjang akan membuat kinerja rem menurun akibat karet rem yang melemah atau ketas.

“Terakhir, Anda juga harus memerhatikan kebersihan eksterior dan interior mobil Anda. Hal ini agar mobil Anda terhindar dari sasaran tikus. Bisa jadi, tikus ini akan menyebabkan kerusakan, misalnya menggigit kabel-kabel pada mobil Anda,” tutup Boediarto.

MARKETEERS X








To Top