Automotive

Jimny, Si Kotak yang Menyenangkan

Generasi Keempat Suzuki Jimny

Jimny merupakan mobil legendaris Suzuki yang memiliki nilai sejarah, ikatan emosional, serta beragam cerita. Jimny pertama kali mengaspal di Tanah Air pada tahun 1979. Sejak saat itu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berhasil menjadikan Indonesia sebagai target pasar mobil off-road ikonik ini.

Imej tersebut pun berlanjut hingga Jimny generasi ke-4 yang baru diluncurkan di Indonesia pada Juli lalu. Berbagai penghargaan, seperti gelar 2019 World Urban Car dan World Car Design of the Year di ajang World Car Awards seakan menjadi bukti. Lantas bagaimana performanya?

Beruntung, Marketeers bersama beberapa media lainnya diberi kesempatan untuk mencoba mobil 4×4 paling murah di Indonesia saat ini.

“Prestasi tersebut berhasil diraih berkat performa Jimny yang baik serta didukung desain yang lebih eksklusif, namun tetap membawa ciri khas generasi sebelumnya. Kami pun ingin menjawab rasa penasaran publik akan sensasi berkendara menggunakan Jimny melalui kegiatan test drive bersama rekan media,” papar Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

Diuji di sirkuit Pagedangan, Bumi Serpong Damai, Jimny mampu menarik hati awak media. Tidak terkecuali jurnalis Marketeers.

Dengan konsep ‘Functional Beauty, Designed for Professionals’, Suzuki Jimny memadukan desain yang didukung sisi fungsional yang mampu bermanuver di tempat yang sulit diakses atau saat mengarungi cuaca ekstrem.

Saat pengujian, mobil ini cukup tangguh di medan off-road sirkuit Pagedangan yang dirancang dengan berbagai tikungan, tanjakan, hingga turunan yang memacu adrenalin. Untuk memudahkan pengemudi bermanuver di area yang sulit ditempuh, Jimny generasi terbaru dilengkapi ground clearance setinggi 210 mm dan radius putar 4,9 m.

Perjalanan juga cukup meyakinkan berkat berbagai fitur, seperti Hill Descent Control yang memberikan pengereman otomatis dan menjaga kecepatan di 10km/jam pada mode transmisi 4H dan 5km/jam untuk mode 4L. Atau fitur Hill Hold Control yang memberikan pengereman saat menanjak untuk mencegah mobil bergerak mundur dalam dua detik.

Sedangkan untuk meredam guncangan saat berada di dalam mobil, Jimny dibekali dengan suspensi 3-link rigid axle yang dilengkapi coil spring dan disangga struktur Ladder Frame. Ketika dikendarai di jalan yang tidak mulus, Jimny lebih terasa empuk dibanding generasi sebelumnya.

Sensasi berkendara yang menyenangkan mampu dihadirkan oleh mobil kotak dengan warna hijau stabilo ini. Bukan hanya itu, kekhawatiran tidak mampu menerjang tanjakan yang curam juga berhasil ditepis oleh Jimny. Perlahan merayap, Jimny berhasil melalui berbagai tanjakan.

“Tidak hanya mempunyai ikatan emosional yang erat dengan masyarakat Indonesia, Suzuki Jimny juga hadir untuk mengakomodir ekpektasi pelanggan dengan desain, berbagai fitur, serta performa yang tangguh,” imbuh Donny.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X