KAI: Selama Arus Balik Hingga 8 Mei, Okupansi KA Lampaui 100%

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
07 Mei 2022
marketeers article
PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyebut volume pelanggan kereta api jarak jauh selama arus balik pada 6 hingga 8 Mei 2022 tercatat sebanyak 389.812 penumpang. Berdasarkan data tersebut okupansi pelanggan kereta api untuk perjalanan panjang di seluruh wilayah Indonesia menyentuh rata-rata 106%, yang turut dipengaruhi faktor penumpang dinamis.
Data penumpang kereta api jarak jauh selama arus balik dari KAI, menunjukkan okupansi tertinggi pada keberangkatan 6 Mei 2022 yang mencapai 136.505 orang atau 111%. Sementara keberangkatan pada 7 Mei tercatat mengangkut setidaknya 129.564 penumpang (okupansi 105%) dan untuk tanggal 8 Mei sebesar 123.743 pelanggan (101%).
Selama periode tersebut, KAI mengungkap jumlah penumpang kereta api jarak jauh arus balik yang tiba di dua stasiun besar Jakarta, yakni Pasar Senen dan Gambir, mencapai 90 ribu orang. Jika diperinci lebih jauh, sebanyak 45.242 orang akan tiba melalui Pasar Senen, sementara 44.766 penumpang akan masuk ke Jakarta lewat Stasiun Gambir.
Para penumpang tersebut kebanyakan berasal dari stasiun keberangkatan di berbagai kawasan baik Jawa Tengah, Jawa Timur, maupun Jawa Barat. Untuk pelanggan yang tiba di Stasiun Gambir misalnya mayoritas melakukan perjalanan dari Bandung, Cirebon, Yogyakarta, dan Semarang Tawang. Sebagian di antara mereka, memanfaatkan operasional 214 perjalanan kereta api pada H+3 lebaran ini.
Jumlah perjalanan kereta api dari KAI selama arus balik ini meningkat 5% dibandingkan operasional pada awal masa angkutan lebaran pada H-10 yang mencapai 204 rangkaian. Kebijakan tersebut juga berpengaruh pada penambahan kapasitas tempat duduk yang mencapai 122.861 per hari, atau melonjak sekitar 9% jika dibandingkan periode serupa.
“Masyarakat yang belum memperoleh tiket balik dapat membeli untuk keberangkatan tanggal 9 Mei dan seterusnya, masih cukup banyak tersedia. KAI juga mengimbau kepada pelanggan yang telah memiliki tiket untuk mengatur waktu dengan tidak datang terlalu awal untuk mengantisipasi kepadatan di stasiun-stasiun keberangkatan,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resminya.
Tiket perjalanan kereta api jarak jauh selama arus balik dapat diperoleh melalui laman resmi KAI, aplikasi KAI Access, serta berbagai saluran penjualan lainnya. Calon penumpang juga dapat memanfaatkan  fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access untuk membantu merencanakan perjalanan. Nantinya, fitur itu dapat mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.
KAI menetapkan masa perjalanan angkutan lebaran pada H-10 hingga H+10 atau pada 22 April sampai 13 Mei 2022. Berdasarkan data sampai Jumat (6/5/2022), KAI sudah menjual 2.192.032 tiket perjalanan kereta api jarak jauh atau berkisar 83% dari total tempat duduk yang disediakan.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related