MarkPlus Conference 2019

MarkPlus Conference 2019
Lifestyle

Keliling Dunia Gratis ala Travel Hacker

Photo Credits: 123rf

Siapa bilang pergi berlibur dengan maskapai kelas atas dan menginap di hotel supermewah hanya bisa dilakukan dengan merogoh kocek besar? Bagi para travel hacker, mereka bisa menggelontorkan kocek superminim, bahkan tak merogoh kocek sepeser pun untuk dapat menikmati hal ini. Lantas, bagaimana caranya?

Travel hacking menurut Marianne Rumantir, CEO Member.id yang juga seorang travel hacker ini merupakan sebuah teknik bagi para traveller untuk mengumpulkan flyer miles dan poin untuk dapat berpergian secara gratis. Kepada Marketeers, Marianne mengatakan ada sejumlah hal yang dilakukan para travel hacker dalam upaya melakukan travel hacking, antara lain:

Temukan Sumber Informasi yang Tepat

Hal mendasar yang biasa dilakukan para travel hacker adalah memantau informasi dari sejumlah situs yang menjadi andalan mereka. Mengelaborasi lebih jauh, Marianne mengatakan bagi Anda yang ingin mengunjungi wilayah Amerika Serikat, Anda bisa mencari informasi di situs The Points Guy, One Mile At A time, Frugal Travel Guy, Nomadic Matt, Million Mile Secrets, Frequent Flier, dan Extra Pack of Peanuts.

Sementara untuk Inggris dan Eropa, Anda bisa mengunjungi situs God Save The Points, Flyer Miler, atau Go Travel Your Way. Sedangkan Australia dapat dilihat pada situs Pointshacks.com.au atau Backstreet Nomad.

Gunakan Satu Airlines di Tiap Major Alliance

Terdapat tiga major alliances di dunia, yakni Star Alliance (28 maskapai penerbangan), Sky Team (20 maskapai penerbangan), dan One World (15 maskapai penerbangan). Para travel hacker secara umum hanya memilih satu atau maksimum dua airlines dari tiap-tiap major alliance. Mereka kemudian menaruh poin di masing-masing pocket airlines untuk mendapatkan reward.

Sebagai contoh, Anda hanya terbang menggunakan Garuda Indonesia yang menjadi anggota dari Sky Team, memilih terbang dengan Cathay Pacific yang berada di bawah One World, atau US Airways yang menjadi anggota dari Star Alliance. Dengan begini, poin reward atau miles yang Anda peroleh akan lebih cepat terkumpul untuk mendapatkan keuntungan-keuntungan yang ditawarkan dibandingkan jika Anda terbang dengan maskapai yang berbeda-beda. Melakukan hal tersebut hanya akan membuat poin Anda tercecer dan sulit terakumulasi mencapai target yang diinginkan.

Identifikasi Tujuan Anda

Pahami travel goals Anda lalu identifikasi program rewards dari airline dan hotel dengan earning and redemption program terbaik. Carilah ulasan sebanyak mungkin sebelum Anda memilih menjadi loyal terhadap satu airline. Pastikan, Anda tak akan kesulitan dalam menukarkan poin reward tersebut.

Berbelanja di Airline Malls/Partners

Anda harus mulai mengubah habit purchase Anda. Ketika Anda ingin membeli sesuatu misalnya pakaian atau sepatu, cobalah berbelanja di airline malls atau partner mereka. Hal ini masih kurang disadari, padahal dampaknya cukup membantu dalam mendongkrak poin yang Anda kumpulkan.

Pilih Kartu Kredit yang Tepat

Pilihlah Kartu Kredit yang tepat untuk Anda sesuai dengan spending habits dan rewads goals Anda. Pilihlah kartu kredit yang tepat yang mungkin bekerjasama dengan Airline yang Anda gunakan. Tak hanya dalam hal seputar pembayaran perjalanan, Anda bisa memilih Kartu Kredit yang menawarkan reward seputar potongan harga atau perjalanan gratis hingga penginapan gratis.

Anda juga dapat menggunakan Kartu Kredit tersebut ke dalam transaksi-transaksi keseharian yang Anda lakukan untuk menambah poin reward.

Linked Accounts & Promo Sign-Ups

Pastikan Anda menautkan akun tempat Anda memperoleh poin tambahan untuk mendapatkan bonus ganda. Sebagai contoh, dapatkan Krisflyer dari Grab Rewards.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top