Kemendag dan Kemendikbud Luncurkan Penggerak Muda Pasar Rakyat

profile photo reporter Dyandramitha Alessandrina
DyandramithaAlessandrina
19 Januari 2022
marketeers article
Kementrian Perdagangan RI (Kemendag) berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI (Kemendikbudristek) meluncurkan program Penggerak Muda Pasar Rakyat. Kemendag yakin program ini dapat meningkatkan daya saing pedagang dan pengelola pasar rakyat.
Muhammad Lutfi, Menteri Perdagangan juga optimis adanya program ini dapat memberikan pengalaman penting bagi mahasiswa bekerja di pasar rakyat. Menurutnya, sinergi ini dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk membantu pemerintah.
“Dengan sinergi ini, mahasiswa akan membantu pemerintah melaksanakan program dan kebijakan mengenai pembinaan kepada pedagang dan pengelola pasar rakyat secara komprehensif. Harapannya, ini akan menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia di masa mendatang,” sahut Lutfi.
Ruang lingkup perjanjian kerja sama ini antara lain implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka melalui Magang Bersertifikat ‘Penggerak Muda Pasar Rakyat’ dalam bentuk tiga kegiatan. Terdapat Penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) Pasar Rakyat, Penerapan Digitalisasi Pasar Rakyat, Aktivasi Sekolah Pasar, dan pertukaran data dan informasi sesuai dengan UU yang berlaku.
Lebih lanjut, Magang Bersertifikat ‘Penggerak Muda Pasar Rakyat’ bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja kepada mahasiswa di pasar rakyat selama satu semester. Nantinya, mahasiswa akan mendapatkan keterampilan, mampu menyelesaikan permasalahan pekerjaan yang kompleks, adaptif, softskill, hingga etika profesi pekerjaan, komunikasi, dan kerja sama.
 
Editor: Eko Adiwaluyo

Related