Lifestyle & Entertainment

Kerja Empat Hari Seminggu Terbukti Tingkatkan Produktivitas

Apakah Anda merasa bekerja lima hari dalam seminggu sering membuat Anda tidak produktif. Mungkin Anda perlu mengusulkan perusahaan Anda untuk menerapkan program empat hari kerja dalam seminggu.

Bekerja empat hari seminggu terbukti bisa meningkatkan produktivitas. Setidaknya hal itu yang dirasakan oleh Microsoft di Jepang. Melalui program Work Life Choice Challenge 2019 Summer, Microsoft mencoba mengurangi hari kerja, menjadi empat hari dalam seminggu.

Proyek ini dilakukan oleh Microsoft dalam rangka meneliti keseimbangan kehidupan-kerja dan bertujuan membantu meningkatkan kreativitas dan produktivitas karyawan.

Microsoft Jepang menutup kantornya setiap hari Jumat selama Agustus dan menemukan bahwa produktivitas tenaga kerja meningkat 39,9% dibandingkan dengan Agustus 2018. Karyawan tetap diberikan cuti berbayar selama penutupan kantor.

Microsoft juga mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan dalam rapat sebagai bagian dari proyek. Microsoft menerapkan batas waktu 30 menit untuk rapat dan mendorong komunikasi jarak jauh.

Bukan hanya karyawan yang mendapat manfaat dari percobaan empat hari kerja Microsoft. Proyek ini juga membantu Microsoft mengurangi serta menghemat konsumsi listrik dan kantor juga. Jumlah kertas yang dicetak turun 58,7%. Aementara konsumsi listrik turun 23,1% dibandingkan Agustus 2018.

Nah, siapkah Anda untuk kerja empat hari dalam seminggu?

Editor: Sigit Kurniawan








To Top