Consumer Goods

Kisah Tango dan Ellips Yang Sukses di Pasar China

Pada ajang 11.11. Global Shopping Festival 2019 yang diselenggarakan oleh Alibaba Group, beberapa brand Indonesia turut serta menjadi brand yang produknya diperjualbelikan.  Pembelian produk impor dari Indonesia melalui Tmall Global mengalami kenaikan signifikan dengan pertumbuhan GMV sebesar lebih dari 11x YoY.

Brand vitamin rambut dari Kino, Ellips, mencapai penjualan 40x lipat di 11.11. dibandingkan penjualan hariannya, bahkan menjadi brand Indonesia paling diminati di 11.11. Salah satu produk wafer dari brand Tango, dipromosikan Tmall dalam acara Gala dan Countdown 11.11 sebagai bagian dari paket Tmall Magic Box yang sold out dalam waktu 2 jam. Minat konsumen akan merek Tango meningkat 115,62% di periode 11.11.

Ellips adalah brand Indonesia pertama yang membuka flagship store yang difasilitasi model kerja sama Tmall Global dan Lazada dalam program Sell to China. Flagship store Ellips diluncurkan pada bulan Juli 2019 menjelang penyelenggaraan 11.11.

“Kami datang ke China pertama kali pada awal tahun 2019 dengan misi Go Global. Lalu, kami melihat potensi Ellips yang besar untuk dijual melalui Tmall Global, terlebih lagi potesi dari 11.11. Global Shopping Festival. Dengan dukungan penuh dari Tmall Global, Lazada dan ekonomi digital Alibaba, kami sangat bangga menginformasikan bahwa, kami berhasil mencatatkan peningkatan penjualan 40 kali lipat pada 11.11 dibanding penjualan regular adalah awal yang sangat luar biasa,” terang Harry Sanusi, Presiden Direktur PT Kino Indonesia, Tbk .

Ia melanjutkan bahwa Kino sangat antusias bahwa produk vitamin rambut Ellips yang dirancang untuk konsumen di iklim tropis seperti Indonesia mendapat sambutan baik di China. “Karenanya, kami optimistis bahwa penjualan Ellips akan terus meningkat,” tambahnya.

Sementara itu, Tango, brand wafer dari Orang Tua Group yang telah hadir di pasar China sejak tahun 2016 dan telah mengalami pertumbuhan pesat sebesar 100% YoY, untuk pertama kalinya mencatatkan pertumbuhan luar biasa pada festival 11.11 tahun ini.

Joni, CEO International Business dari Orang Tua Group, mengatakan bahwa Tango mendapatkan eksposur yang sangat besar pada Festival Belanja Global 11.11. Selain menjadi produk unggulan pada acara gala hitung mundur 11.11, Tango juga dipromosikan pada laman utama online Youku dan diperkenalkan pada konsumen luas melalui Viya – influencer nomor satu di platform livestreaming Alibaba: Taobao Live.

“Saat Viya livestreaming, mempromosikan Tmall Magic Box, yang salah satunya adalah produk wafer dari Tango, sesi itu ditonton oleh lebih dari 43 juta konsumen China. Tak heran jika Tmall Magic Box pun ludes dalam dua jam setelah 11.11 dimulai. Dan berkat Alibaba dan Tmall Global, ketertarikan konsumen para produk Tango meningkat 115,62% di periode 21 Oktober hingga 11 November 2019, dibandingkan dengan periode sebelumnya. Untuk brand yang masih sangat muda di China, angka ini tentu menunjukkan potensi yang prospektif,” tutur Joni.

Bagi Joni, Alibaba dan Tmall Global telah menjadi mitra strategis dalam pertumbuhan bisnis Tango di China. “Mereka memungkinkan kami untuk menjangkau konsumen di seluruh wilayah China, dan memberikan informasi tren konsumsi yang berharga, tanpa beban logistik maupun biaya yang tinggi. Kami berharap bisa terus memperkuat kerjasama ini, terutama untuk menghadapi tantangan dalam membesarkan brand di pasar China yang dinamis,” tutup Joni.

 

Editor: Eko Adiwaluyo








To Top