Media

Koleksi Film Studio Ghibli Akan Tersedia di Platform Digital

SUMBER: THE VERGE

Setelah sekian lama menjadi salah satu ikon budaya populer, kini karya-karya dari Studio Ghibli dapat dinikmati di setiap platform digital. Ini tentu menjadi kabar baik bagi para pecinta film, terutama penggemar Hayao Miyazaki, karena sebelumnya seluruh koleksi Studio Ghibli hanya dapat dibeli sebagai produk fisik.

Dilansir dari The Verge, hampir seluruh koleksi film Studio Ghibli sekarang tersedia untuk dibeli di seluruh platform digital, termasuk Apple TV, Amazon Prime Video, Vudu, Google Play Store, Sony PlayStation Movies, dan Microsoft. Kedua versi, Jepang dan Inggris pun tersedia.

Hal ini menjadi pertama kalinya setiap judul dari studio tersebut akan dijual secara digital di seluruh dunia. Termasuk beberapa judul besar, yaitu Castle in the Sky, From Up in Poppy Hill, Howl’s Moving Castle, Kiki’s Delivery Service, My Neighbor Totoro, Princess Mononoke, dan masih banyak lagi.

Setiap film dapat dibeli seharga US$ 20, meskipun Studio Ghibli juga membuat bundel enam film yang akan dijual seharga US$ 100. Bundel ini menyediakan enam film Ghibli paling populer, yaitu Howl’s Moving Castle, Kiki’s Delivery Service, My Neighbor Totoro, Ponyo, Princess Mononoke, dan Spirited Away. Namun untuk saat ini, program bundel yang ditawarkan tersebut masih belum jelas akan tersedia di platform dan negara mana saja.

Satu film yang terasa absen dari lineup adalah Grave of the Fireflies. Disutradarai oleh Co-founder Ghibli Isao Takahata pada tahun 1988, Grave of the Fireflies menceritakan kisah tragis tentang dua saudara kandung yang berusaha bertahan hidup selama Perang Dunia kedua.

Tidak seperti film Studio Ghibli lainnya, hak distribusi dari film Grave of the Fireflies bukan dimiliki oleh perusahaan induk studio, Tokuma Shoten. Alih-alih, dimiliki oleh penerbit Shinchosha, yang menerbitkan cerita pendek yang mendasari cerita di film. Kabar menyebutka, Grave of the Fireflies akan tersedia di Netflix. Tetapi lainnya ada yang mengatakan film ini sudah tersedia untuk dibeli di Amazon.

Ini juga menjelaskan mengapa hanya Grave of the Fireflies yang tidak akan tersedia di HBO Max ketika layanan streaming ini diluncurkan tahun depan. Sebelumnya, AT&T telah mendapatkan hak streaming film-film Ghibli. Dan, menjadi pertama kalinya film-film Studio Ghibli akan tersedia pada platform streaming.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top