Government & Public Services

Komitmen Kepala Daerah Jadi Faktor Utama Pengembangan Pariwisata

Maju-mundur pengembangan pariwisata di suatu daerah ditentukan oleh berbagai faktor. Dimulai dari unsur atraksi, aksesibilitas, hingga amenitas harus terpenuhi. Namun, di antara semua unsur tersebut, keseriusan kepala daerah (CEO Commitment) dinilai menjadi faktor utama yang menentukan nasib pariwisata suatu daerah.

Mengambil contoh penyelenggaraan event di suatu daerah, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, CEO Commitment menjadi kriteria utama dari dua kriteria lain (Criteria Value, Commercial Value) yang harus dipenuhi.

“Tapi yang penting adalah Commitment CEO, Gubernur dan Bupati harus berkomitmen, anggaran, serta konsisten minimal tiga tahun berturut-turut. Bila kepala daerahnya punya komitmen, hal lain akan mengikuti,” kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata di Jakarta, Rabu (17/07/2019).

Namun, menghitung Commercial Value dari setiap events juga penting. Sehingga dapat meyakinkan para Gubernur dan Bupati akan manfaat ekonomi yang dibawa events tersebut bagi masyarakat.

Bali menjadi salah satu contoh nyata yang dinilai cukup dewasa dalam penyelenggaraan events. Daerah tersebut telah memiliki Product, Process, Philosophy yang saling melengkapi. Sementara, contoh lain adalah Banyuwangi yang menjadi Kota Festival Terbaik dengan jumlah event yang banyak.

“Hipotesis saya, Bali dan Banyuwangi memiliki pendapatan perkapita tinggi dan indeks kebahagiaannya tinggi,” kata Menteri Pariwisata.








To Top