Technology

Komitmen Tokopedia Dukung Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia

SUMBER: TOKOPEDIA

Tokopedia menjadi salah satu e-commerce yang mendukung Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (14/05/2020).

Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia dimaksudkan sebagai upaya mendorong sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam menuju ranah digital. Terlebih saat pandemi seperti sekarang, platform online dinilai dapat membantu UKM untuk menggerakan perekonomian bangsa.

“Dalam kondisi pandemi seperti ini, kita harus mampu bertumpu pada kekuatan kita sendiri, berdiri di atas kaki kita sendiri, mampu menyelesaikan masalah dan tantangan kita sendiri,” ujar Presiden Joko Widodo dalam acara peluncuran gerakan #BanggaBuatanIndonesia.

Sebagai salah satu e-commerce yang mendukung gerakan nasional ini, Tokopedia akan menyediakan beberapa program untuk membantu mengakselerasi adopsi digital bagi para pelaku UKM.

Salah satunya adalah dengan rangkaian webinar dan kelas daring bernama Obrolan Seller yang bisa diakses secara gratis. Pegiat UKM bisa mendapatkan pengetahuan terkait peningkatan kualitas produk hingga pemasaran. Mereka juga dapat berbagi inspirasi dan pengalaman dengan sesama pebisnis di Tokopedia melalui komunitas penjual ‘Keluarga Tokopedia’.

Tokopedia juga menghadirkan berbagai fitur yang dapat membantu para pengusaha kecil dan menengah mengembangkan usahanya. Selama masa gerakan #BanggaBuatanIndonesia pula, Tokopedia akan menampilkan laman kurasi khusus produk lokal sehingga konsumen dapat dengan mudah melakukan pembelanjaan.

Selain itu, bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI), Tokopedia akan memberikan bantuan modal bagi para pelaku UKM dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat. “Kami bergerak bersama komunitas dan pemerintah untuk menggagas terobosan aktivitas online,” ujar William Tanuwijaya, CEO dan Founder Tokopedia.

Wiliam menjelaskan, gerakan #BanggaBuatanIndonesia sejalan dengan misi Tokopedia dalam mencapai pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia. “Selama hampir 11 tahun, Tokopedia konsisten hanya memfasilitasi transaksi domestik. Artinya, penjual di Tokopedia 100% berdomisili di Indonesia,” papar William.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top