Kompetisi MLBB Tetap Catatkan Rekor di industri e-Sport Saat Pandemi

marketeers article
Word writing text Esport. Business concept for multiplayer video game played competitively for spectators and fun.

Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) dan juga liga utama mobile game MOBA ini, Mobile Legends Professional League (MPL) menutup tahun 2020 yang merupakan masa pandemi dengan manis.  Membuktikan diri masih yang terdepan di industri e-sport Asia Tenggara. Selama kurun waktu satu tahun, setidaknya ada 20 pencapaian baru, termasuk dari Indonesia, Malaysia/Singapura (MY/SG), Myanmar, dan Filipina (PH).

Mengawali 2020, MLBB Campus Championship menjadi gelaran yang dinanti para pejuang  e-sport kelas grassroot. Turnamen ini diikuti 32 kampus di seluruh Indonesia dengan total 1.225 tim yang menjadi peserta. Impresi dari turnamen ini di platform YouTube, Facebook, dan juga Instagram hampir mencapai 100 juta.

Pada bulan April, MPL Indonesia Season 5 menjadi turnamen terpopuler versi Esports Charts dengan total penonton terbanyak (pcu) di saat live mencapai 1,1 juta. Di Mei, MLBB menggelar acara 515 e-party dan lebih dari sejuta pemain mengikuti acara yang mendapatkan hampir empat juta total online views. Selanjutnya dua bulan berturut-turut Juni dan Juli 2020, MPL Invitational 4 Nation Cup berhasil merajai tangga Esports Charts mengalahkan turnamen-turnamen esport lainnya.

“Tak dapat dipungkiri 2020 adalah tahun yang penuh tantangan. Fokus kami adalah memberikan hiburan terbaik bagi para fans dan juga menyediakan platform bagi generasi muda sebagai jembatan untuk menggapai mimpi mereka. Terlepas dari itu semua, pencapaian ini bukan lah milik kami, ini milik semua fans MLBB dan juga MPL,” ujar Lucas Mao, Managing Director Moonton Games.

Kembali ke raihan pencapaian, di Oktober MPL Filipina dan MPL Indonesia berhasil memecahkan rekor pcu untuk season 6. Berturut-turut keduanya meraih 765 ribu dan 2,8 juta pcu versi Esports Charts. Bukan cuma itu, Mobile Legends Bang Bang juga berhasil mengukuhkan 1 miliar download worldwide di Apps Store dan Google Play.

“Menjadi game MOBA terpopuler di Indonesia dan juga dunia adalah bonus bagi kami. Terpenting adalah kami dapat membahagiakan seluruh fans. Sekali lagi, terima kasih sudah memberikan kepercayaan kepada kami,” tambah Lucas.

    Related

    award
    SPSAwArDS