Transportation & Logistic

Konferensi Hari Perhubungan Nasional 2019 Resmi Dibuka

Marketeers | Sigit Kurniawan

Konferensi Hari Perhubungan Nasional 2019 resmi dibuka pada Sabtu (14/08/2019) di Balai Sidang Jakarta Convention Center. Acara ini dibuka oleh Umiyatun Hayati Triastuti, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Perhubungan.

Acara ini mengusung tajuk Merajut Nusantara Membangun Bangsa Bakti Nyata Insan Perhubungan untuk Indonesia Unggul Indonesia Maju dan dibuka dengan penampilan dari Sekolah Ilmu Tinggi Pelayaran Jakarta yang memukau.

”Sesuai dengan tema HUT RI ke-74 yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo, Tahun 2019 ditetapkan sebagai tahun pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengantarkan Indonesia menjadi negara unggul menuju Indonesia maju. Lewat konferensi ini, insan perhubungan ingin menunjukkan bakti dan prestasinya dalam sektor perhubungan kepada masyarakat Indonesia,” ujar Umiyatun.

Umiyatun melanjutkan, melalui acara ini, insan penyelenggara perhubungan Indonesia memberikan informasi mengenai terobosan baru baik di darat, laut, dan udara dalam upaya memajukan Indonesia.

Apalagi, katanya, perhubungan memiliki peran penting dalam misi percepatan pembangunan negara terutama untuk menyambungkan wilayah-wilayah di Indonesia yang memiliki luas negara yang luas dan terpisah oleh ribuan pulau.

Acara yang dihadiri oleh Menteri Budi Karya Sumadi dan Menko Perekonomian Darmin Nasution ini juga sekaligus meluncurkan aplikasi SIM SDM Tranas. Aplikasi ini merupakan cara Departemen Perhubungan meningkatkan kualitas SDMnya untuk melakukan rekrutmen insan perhubungan menggunakan teknologi.

Dijelaskan oleh Umiyatun, melalui aplikasi ini, perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor perhubungan dapat lebih mudah merekrut pegawai baru yang sesuai dengan bidang dan jabatan yang dibutuhkan.

“SIM SDM Tranas mengadaptasi teknologi big data di mana aplikasi ini merupakan link-match antara pendidikan dan perusahaan dalam merekrut pegawai. Dengan adanya aplikasi ini, menunjukkan adanya upaya Departemen Perhubungan untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi masa kini,” tutup Umiyatun.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X