Finance

Konsumen Tokopedia Gemari Produk Investasi Emas dan Reksa Dana

Studi menyebutkan bahwa Tokopedia telah membantu 78% pengguna menjadi lebih paham terhadap produk investasi digital. Meningkatnya kesadaran keuangan digital tergambar dalam data internal yang dirilis Tokopedia pada akhir kuartal III 2019. Data menyebut, produk dan layanan keuangan mengalami pertumbuhan signifikan. 

AVP of Fintech Tokopedia Samuel Sentana mengatakan, di Tokopedia, produk investasi seperti Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksa Dana semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Kedua produk ini terus mengalami peningkatan yang signifikan, baik dalam jumlah pengguna maupun transaksi. 

“Jumlah transaksi lewat Tokopedia Emas pada kuartal III 2019 meningkat hingga lebih dari lima kali lipat dibandingkan kuartal I 2019. Pengguna Tokopedia Emas juga meningkat hampir lima kali lipat pada September 2019, jika dibandingkan dengan Maret 2019,” jelas Samuel.

Tokopedia Reksa Dana di sisi lain juga mencatatkan peningkatan jumlah transaksi serta pengguna di kuartal III 2019. Transaksi yang tercatat di kuartal III 2019 meningkat hingga 146% dari kuartal I 2019. Selain itu, dari segi jumlah pengguna, terdapat peningkatan hingga 150 persen pada September 2019, jika dibandingkan dengan Maret 2019.

Sejak awal, Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksa Dana ditujukan untuk mendorong inklusi keuangan dengan menjadi pilihan investasi dengan harga yang terjangkau. Masyarakat dapat memulai berinvestasi mulai dari Rp 500 lewat Tokopedia Emas dan Rp 10 ribu melalui Tokopedia Reksa Dana.

“Pertumbuhan positif ini membuktikan adanya peningkatan literasi keuangan masyarakat Indonesia di era digital dari waktu ke waktu. Ke depannya, Tokopedia akan terus berupaya untuk mendorong kesadaran finansial dan inklusi keuangan di tengah masyarakat lewat kolaborasi dengan berbagai instansi keuangan dan regulator, serta mitra strategis lainnya,” tambah Samuel.

Editor: Sigit Kurniawan 








To Top