Government & Public Services

Krisis Udara Bersih, London akan Gelar Hari Udara Bersih

Foto: Dailymail.co.uk

London akan melangsungkan peringatan Hari Udara Bersih pada 22 September mendatang. Dilansir dari cnn.com, pada tanggal tersebut, ratusan kegiatan akan berlangsung di jalan-jalan bebas mobil. Sementara itu, 18 dari 32 wilayah di London akan melangsungkan acara yang di dalamnya termasuk “Play Streets”. Dalam acara itu, masyarakat segala usia berkumpul serta bermain dengan aman.

Hari Udara Bersih dilatarbelakangi oleh kondisi ibu kota Inggris  yang bermasalah polusi udara. Menurut Walikota London Sadiq Khan, ada lebih dari dua juta warga London yang tinggal di daerah yang melebihi batas legal untuk nitrogen dioksida. Termasuk di dalamnya adalah 400.000 anak di bawah 18 tahun.

Dengan melangsungkan Hari Udara Bersih pada 22 September mendatang, Sadiq Khan berharap hal tersebut dapat menekan angka polusi udara yang kian parah.

“Saya mendorong sebanyak mungkin warga London untuk bergabung dalam kegembiraan dan melihat kota dari perspektif yang berbeda. Saya akan terus bekerja dengan wilayah yang berpandangan ke depan dan ingin berpikir berbeda tentang cara menggunakan ruang jalan,” ucap Khan.

Berdasarkan laporan dari State of Global Air (SOGA), polusi udara masuk kedalam lima besar dalam penyebab kematian terbesar dunia. Parahnya, polusi udara lebih banyak menyumbangkan nyawa dibandingkan dengan alkohol, kekurangan gizi, dan narkotika. Kendaraan bermotor berkontribusi setengah dari polusi udara yang menyelimuti kota London.

Selain itu, polusi dari kendaraan bermotor ini juga meningkatkan resiko asma, kanker, dan demensia serta menyebabkan ribuan kematian dini tiap tahun. Sayangnya, menurut survei Transport for London mengatakan bahwa hampir satu dari dua warga London tidak menyadari bahwa kendaraan adalah penyebab utama polusi udara di kota tersebut.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top