Communication

Kudo Kontributor Teratas Kanal Distribusi Online Bagi XL Axiata

Penggunaan pulsa di kalangan masyarakat, khususnya di daerah, ternyata masih cukup dominan walaupun di lain sisi perkembangan internet sudah semakin pesat. Di tahun 2018, pendapatan industri mobile telekomunikasi mencapai sekitar Rp 147 triliun, menunjukkan bahwa konsumsi layanan telepon dan data cukup besar.

Di tahun 2018, Pew Research Center mengadakan sebuah survei kepada masyarakat Indonesia yang menunjukkan bahwa masih ada 28 persen masyarakat yang menggunakan ponsel biasa. Angka tersebut mempengaruhi konsumsi pulsa masyarakat, yang mana mayoritas masih menggunakan pulsa prabayar.

Hal ini terjadi di salah satu operator seluler di Indonesia, XL Axiata. Pendapatan perusahaan ini secara year on year (YoY) tumbuh 11% yang didorong oleh peningkatan pendapatan layanan sebesar 15%. Kontribusi peningkatan pendapatan ini paling besar disumbang oleh pendapatan dari layanan data yang tumbuh 29%, secara year on year.

“Di lain sisi, kami juga mencatat bahwa penggunaan layanan pulsa pun masih cukup dominan bagi sebagian masyarakat, khususnya yang masih menggunakan telepon dan sms sebagai alat komunikasi utama mereka. Dengan menggandeng Kudo sebagai channel distribusi XL Axiata, kami mampu menjangkau kebutuhan pulsa ke lebih banyak masyarakat. Terbukti, pada semester satu 2019, Kudo  menduduki peringkat teratas online channel untuk distribusi pulsa hingga ke daerah,” kata David Arcelus Oses, Chief Marketing Officer XL Axiata.

Kudo adalah sebuah aplikasi digital untuk memajukan warung tradisional di Indonesia. Didirikan sejak 2014, Kudo telah memberdayakan warung tradisional lewat teknologi dan membantu warung menjadi serba bisa. Mulai dari bisa berjualan apa saja seperti pulsa, pembayaran tagihan dan tiket perjalanan, bisa kirim dan setor uang, menawarkan berbagai layanan keuangan digital, membantu tetangga mendaftar jadi pengemudi Grab. Dari berbagai produk dan layanan yang diberikan, pulsa menjadi salah satu produk dengan transaksi terbanyak di aplikasi Kudo.

Selama ini, jalur distribusi pulsa biasanya dilakukan melalui channel tradisional dan channel modern (e-banking, online commerce, dan modern retail). Melalui dua channel tersebut, masyarakat semakin dimudahkan untuk membeli pulsa hingga paket data.

Sebagai salah satu online channel XL Axiata, Kudo mencatat penjualan yang signifikan. Selama semester satu 2019, Kudo menduduki peringkat pertama untuk penjualan pulsa di kategori online channel dengan kontribusi sebesar 24%. Kemudian, menduduki peringkat kedua untuk penjualan paket data setelah marketplace terbesar di Indonesia.

“Pada periode tersebut, Kudo berhasil mengungguli lebih dari 20 online channel XL Axiata. Hal ini adalah bukti sukses bahwa Kudo adalah mitra terpercaya dan memiliki kualitas terbaik sebagai penyalur pulsa XL kepada pelanggan dari warung-warung Kudo,” kata Agung Nugroho, CEO & Co-Founder Kudo.

Dari aplikasi Kudo sendiri menemukan nominal pembeliannya cukup beragam, dengan transaksi paling banyak untuk pulsa berkisar antara 5 ribu hingga 25 ribu. Walaupun nominalnya tergolong kecil, namun intensitas pembeliannya masihlah cukup tinggi melalui agen Kudo yaitu rata-rata 5-6 kali dalam satu bulan dari setiap pelanggannya.

Saat ini, Kudo bermitra dengan XL Axiata  untuk memfasilitasi pembelian pulsa melalui agen Kudo yang tersebar di 500 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Dengan menduduki peringkat teratas sebagai online channel distribusi pulsa pada semester satu 2019, Kudo mempertegas kapabilitas mereka  sebagai mitra terpercaya dalam menyalurkan pulsa dari aplikasi digital kami ke warung kelontong. Sehingga,  bisa melayani pelanggannya hingga pelosok negeri.

“Kami melihat bahwa porsi konsumsi pulsa di era digital masih cukuplah besar, khususnya di daerah. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut ke depannya, kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada warung yang dimajukan dengan Kudo,” ujar Agung.

MARKETEERS X








To Top