Retail & Property

Kunci Sukses Program CRM Watsons Tembus Satu Juta Member

Ilustrasi: 123RF

Beberapa tahun terakhir, peritel produk kesehatan Watsons menaruh fokus yang besar terhadap strategi customer relationship management (CRM). Berbagai aktivitas CRM pun mereka lakukan untuk mengakuisisi konsumen lebih banyak. Salah satunya dengan program membership. Program ini pun diklaim berhasil. Dalam dua tahun, Watsons Indonesia berhasil membukukan satu juta member dari para pelanggan setia.

Langkah awal yang dilakukan Watsons untuk CRM ini adalah dengan menghadirkan loyalty program. Dikemas dengan bentuk membership Watsons, Watsons mengangkat tagline “Jadi Member Pasti Untung”. Artinya, perusahaan menjanjikan berbagai keuntungan untuk para member brand ini. Mulai dari mendapatkan poin pada setiap transaksi berbelanja yang dapat dipakai untuk mengurangi pembayaran, hingga promosi harga spesial khusus member baik di gerai Watsons dan online.

Bahkan, para member juga mendapat keuntungan di berbagai merchant partner jika menunjukkan kartu membership Watsons untuk mendapatkan potongan diskon seperti di Traveloka Experience, Prodia, atau Diva Karaoke.

“Satu juta member ini menandakan kepercayaan masyarakat terhadap keuntungan yang didapat jika menjadi member Watsons,” ujar Lilis Mulyawati, Presiden Direktur Watsons Indonesia. 

Menariknya, program loyalitas ini tak hanya berlaku di Indonesia. Melalui program “Watsons One Pass”, perusahaan mengintegrasikan loyalty program tersebut di tujuh negara lain di Asia diantaranya Hong Kong, Macau, Mainland China, Taiwan, Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Dengan program ini, para pelanggan dapat menikmati keuntungan-keuntungan promo membership dan tetap dapat memperoleh reward poin serta berbagai promo menarik di seluruh negara tersebut.

Merayakan pencapaian satu juta member, Watsons menggelar program Tukar 1 Poin Gratis Produk ke-2 selama Maret 2020. Melalui program ini, para member dapat menukarkan satu poin yang mereka miliki dengan produk yang sama.

Tak hanya itu, konsumen juga diberikan tambahan diskon dan reward poin yang lebih besar untuk pembelian produk tertentu. Promo ini berlaku bila konsumen melakukan transaksi menggunakan kartu membership.

MARKETEERS X








To Top