Technology

Kurangi Kepadatan Boarding, Bandara Narita Gunakan Teknologi Pengenal Wajah

Photo Credits: 123rf

Jelang Olimpiade Paralimpiade Tokyo yang bakal digelar pada tahun 2020, Bandara Narita Jepang mengantisipasi kepadatan boarding dengan menggunakan teknologi pengenalan wajah. Teknologi berbasis kecerdasan buatan ini memungkinkan penumpang untuk menerapkan sistem check in otomatis.

Melansir Kyodo yang dikutip dari Antara, NEC Corp mengatakan, penumpanh hanha perlu mendaftarkan foto wajah mereka ketika check in. Selanjutnya, para prnumpang dapat langsung mengikuti prosedur menaruh bagasi, pemeriksaan keamanan, danĀ boarding. Identitas penumpang telah terverifikasi secara otomatis di sistem gerbang.

Namun, para penumpang masih harus menunjukkan paspor di bagian imigrasi. “Sistem ini diharapkan dapat mempermudah prosedur sebelim boarding dan penumpang dapat menikmati waktu bebas stres di bandara,” ungkap Wakil Presiden Narita International Airport Corp Tatsuya Hamada dilansir dari Antara.

Ia menjelaskan, sistem tersebut akan digunakan oleh Japan Airlines dan All Nippon Airways dengan rute penerbangan yang belum ditentukan.

Lebih dari itu, Wakil Presiden NEC Yutaka Ukegawa berharap teknologi ini dapat digunakan untuk kegiatan belanja bebas pajak, pembelian tiket kereta, atau pun dalam situasi darurat, seperti ketika penumpang sakit di bandara.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top