Consumer Goods

Kurangi Sampah, Bandara di London ‘Pinjamkan’ Gelas untuk Minum Kopi

Sumber: The Guardian

Kedai kopi Starbucks memiliki cara sendiri untuk menanggapi isu sampah plastik yang sedang menjadi sorotan saat ini. Sebuah ujicoba kampanye penggunaan reusable cup dilakukan di Bandara Gatwick, London, Inggris. Starbucks Bandara Gatwick bekerja sama dengan lembaga lingkungan Hubbub, menyediakan 2.000 sirkulasi reusable cup guna ‘dipinjamkan’ kepada pelanggannya.

“Kami tahu bahwa orang mulai peduli terhadap sampah, namun terkadang mengurangi penggunaan barang yang menghasilkan sampah sangatlah sulit. Lewat proyek uji coba ini, kami ingin melihat apakah orang akan menggunakan reusable cup untuk dibawa ke dalam pesawat. Aksi ini sekaligus dapat mengurangi sampah gelas plastik maupun kertas,” ujar Trewin Restoric, CEO dan Co-Founder Hubbub dilansir dari The Guardian.

Aksi ini merupakan cara kreatif yang diprakarsai oleh Stabucks Coffee dan Hubbub untuk mengurangi sampah gelas kertas yang kerap digunakan untuk wadah kopi pelanggan. Hal ni terbukti dengan 250 orang pelanggan yang memilih untuk menggunakan wadah reusable. Jika hal ini terus diimplementasikan, Starbucks Bandara Gatwick dapat mengurangi sampah gelas kertas hingga 7.000 buah dalam sebulan.

“Kami mendapatkan respons yang baik dari publik untuk mengurangi sampah dan kami sangat senang bisa membantu pelaku usaha yang memiliki inovasi bagi para pengunjung Bandara Gatwick,” ujar Rachel Thompson, Kepala Sustainabilitas Bandara Gatwick.

Bagaimana pelanggan ‘meminjam’ reusable cup ini? Caranya sangat sederhana. Mereka bisa memesan kopi atau produk minuman lain di Starbucks dan memilih reusable cup sebagai wadahnya. Untuk mengembalikan, mereka hanya perlu mencari titik check-in dan reusable cup akan dikumpulkan dan digunakan kembali.

Papan tata cara pengembalian reusable cup di Bandara Gatwick, London (Sumber: The Guardian)








To Top