Lamudi: Minat Pencari Properti di Luar Jakarta Meningkat

profile photo reporter Dyandramitha Alessandrina
DyandramithaAlessandrina
22 September 2022
marketeers article
Sumber: 123RF
Laporan Tren Pasar Properti Lamudi.co.id semester I-2022 mencatatkan pembangunan infrastruktur oleh pemerintah berpengaruh pada tumbuhnya pusat perekonomian baru di luar Jakarta. Di sisi lain, tercatat bahwa minat pencarian properti di provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, dan Banten meningkat.
Laporan yang dikeluarkan perusahaan dua kali dalam setahun ini bertujuan untuk mengulas tren dan adopsi sikap baru dalam pencarian, rencana investasi dan pembelian properti dalam periode satu semester. Data yang dikompilasikan dalam laporan tersebut berasal dari data first-hand oleh Lamudi.co.id
Mart Polman, CEO Lamudi.co.id mengungkap bahwa data tersebut menunjukkan bahwa upaya pemerintah dalam mengakselerasi pemerataan ekonomi dengan melahirkan pusat pertumbuhan baru semakin terlihat hasilnya. Hal tersebut tercermin dari laporan yang semakin menunjukkan bahwa banyak pencari properti di platform perusahaan yang menelusuri alternatif perumahan di luar wilayah Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional.
Seiring dengan perkembangan tersebut, Tren Pasar Properti Lamudi.co.id semester I-2022 mencatat bahwa Jawa Barat, Jawa Timur, dan Banten menempati peringkat tiga besar dalam angka minat pencarian properti. Hal tersebut juga dapat terlihat dari tren pertumbuhan positif di ketiga daerah tersebut dalam periode Januari hingga Mei 2022 dengan Jawa Barat yang memiliki rata-rata pertumbuhan 5%, Jawa Timur 3,8%, dan Banten 6,5%.
Mart mengatakan bahwa hal tersebut menjadi indikasi keberhasilan program pembangunan pemerintah berhasil. Selama ini pertumbuhan yang terpusat di Jakarta dapat lebih diratakan di wilayah lain yang akan meringankan beban transmigrasi.
“Dalam hal ini, PropTech dapat menjadi salah satu sumber data dalam mengukut keberhasilan inisiatif pemerintah. Ini dapat dilakukan dengan menyediakan data tren minat pencarian properti di provinsi yang menjadi target pembangunan infrastruktur guna melihat adanya peningkatan pencarian setelah infrastruktur terbangun,” kata Mart.
Sebagai layanan PropTech di Indonesia yang menghubungkan developer, agen, dan pencari properti, memiliki data teraktual tentang tren pencarian dan pembelian di sebuah wilayah dapat digunakan sebagai tolok ukur keberhasilan pembangunan.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related